HIMAGRO UNTIDAR SELENGGARAKAN AGROPHORIA (Agrotechnology Euphoria) 2019

Sabtu, 21 September 2019 Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) telah melaksanakan sebuah acara yaitu, AGROPHORIA (Agrotechnology Euphoria) yang dikhususkan untuk mahasiswa baru angkatan 2019 dengan tujuan kegiatan untuk mengakrabkan sesama mahasiswa baru angkatan 2019. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan lebih dalam mengenai alur perkuliahan Program Studi Agroteknologi. Dengan bentuk dari kegiatan ini meliputi diskusi dua arah antara pemateri dan peserta mengenai kurikulum yang ada di Program Studi Agroteknologi dengan pemateri dari Bapak Esna Dilli Novianto, materi pengenalan pertanian dari Dinas Pertanian yaitu Bapak Sam Wahyono, materi mengenai bidang kompetisi akademik dan non akademik dengan pemateri Annisa Rizmayanti (LKTI), Mahdalina Mursilati (PKM), dan Ibnu Syifa, Fakih Yusuf, Fitriana, dan Anis (Futsal),  materi dan pelatihan budidaya hidroponik yang disampaikan oleh Hari Sovia Aswar, pengenalan seluk beluk HIMAGRO UNTIDAR yang disampaikan oleh Widianto Wahyu Nugroho dan FKK HIMAGRI oleh Alsy Riza Setiawan serta dilengkapi kegiatan persaudaraan yang dikemas dalam bentuk pentas seni minat dan bakat mahasiswa baru Agroteknologi tahun 2019. Salah satu bidang keprofesian yang diangkat oleh HIMAGRO UNTIDAR yaitu bidang budidaya tanaman. Oleh sebab itu kali ini, materi dan pelatihan yang akan disampaikan adalah Budidaya Tanaman Sistem Hidroponik.

Acara yang pertama adalah pembukaan yang dipandu oleh Aris Zaki Fuaddari Program Studi S1 Agroteknologi angkatan 2017 dan Mita Nurjanah dari Program Studi S1 Agroteknologi angkatan 2018 selaku MC Agrophoria 2019, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Tantri Dwi Artiwi selaku pengurus HIMAGRO 2019.

Sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Agroteknologi

Acara kedua adalah sambutan dari ketua pelaksana Agrophoria 2019 yaitu, Fiki Sa’adiati, sambutan berisi ucapan terimakasih kepada panitia yang telah membantu jalannya acara dan peserta yang telah bersedia hadir untuk mengikuti acara Agrophoria 2019, juga berisi tentang jumlah peserta yang hadir pada hari itu sebanyak 95 orang dari 102 jumlah mahasiswa baru Agroteknologi 2019 dan panitia sebanyak 41 orang, dilanjut dengan sambutan dari ketua HIMAGRO 2019 yaitu, Widianto Wahyu Nugroho yang menyambut kehadiran mahasiswa baru Agroteknologi 2019 dan selamat bergabung kedalam keluarga besar mahasiswa Agroteknologi, sekaligus membuka acara Agrophoria 2019.

Acara selanjutnya merupakan materi pertama mengenai kurikulum yang disampaikan oleh Bapak Esna Dilli Novianto selaku koordinator program studi agroteknologi. Hal-hal yang dibahas dalam materi ini yaitu, kurikulum yang sedang berjalan saat ini akan berlaku sampai 2020. Disini juga dipaparkan mengenai bagaimana cara mengelola atau memilih jumlah sks setiap semesternya supaya tidak tertinggal dan dapat wisuda tepat waktu, strategi lulus tepat waktu selama 4 tahun, tentang jumlah sks yang harus diambil selama kuliah antara mata kuliah wajib dan pilihan, dan tentang jumlah sks yang bisa diambil sesuai dengan IP yang telah didapatkan oleh masing-masing mahasiswa.

Materi kedua mengenai pengenalan pertanian yang disampaikan oleh Bapak Sam Wahyono dari Dinas Pertanian Kota Magelang dengan dimoderatori oleh Fahni Mulya Pradita selaku pengurus HIMAGRO 2019 . Materi yang disampaikan berupa Budidaya Tanaman Perdu dan luas lahan pertanian di Kota Magelang yang semakin lama semakin berkurang juga membahas mengenai solusi dari berkurangnya lahan tesebut.

Pengampaian materi tentang budidaya tanaman secara hidroponik

Materi ketiga tentang Hidroponik yang disampaikan oleh Hari Sovia Aswar selaku pemateri dengan dimoderatori oleh Fahni Mulya Pradita selaku pengurus HIMAGRO 2019. Hal yang disampaikan yaitu, macam-macam media tanam dimana hidroponik sendiri merupakan teknologi budidaya tanpa menggunakan tanah sebagai tempat tumbuh dan hidup, selanjutnya mengenai nutrisi yang digunakan dalam budidaya hidroponik yaitu AB MIX dan cara pemakaiannya. Materi ini juga disertai dengan praktik mengenai budidaya hidroponik dari penanaman benih menggunakan rockwool dan penanaman bibit menggunakan netpot.

Pengenalan FKK Himagri kepada Mahasiswa baru Agroteknologi 2019

Materi keempat mengenai pengenalan HIMAGRO UNTIDAR dan FKK HIMAGRI yang disampaikan oleh Widianto Wahyu Nugroho selaku ketua umum HIMAGRO UNTIDAR yang memaparkan mengenai arti dari lambang HIMAGRO, tugas-tugas dan anggota dari setiap departement  dan Alsy Riza Setiawan selaku koordinator wilayah III FKK HIMAGRI yang memaparkan mengenai FKK HIMAGRI dari mulai sejarah, pembagian wilayah, susunan kepengurusan dan tugas-tugasnya.

Pengenalan materi tentang Karya Tulis Ilmiah oleh Mahasiswa Berprestasi

Pengenalan Unit Kegiatan Futsal di  Prodi Agroteknologi

Materi kelima mengenai pengenalan kegiatan akademik dan non akademik yang dimulai dengan pemaparan mengenai karya tulis ilmiah yang disampaikan oleh Annisa Rizmayanti yang berisi tentang susunan penulisan dalam karya tulis ilmiah. Selanjutnya materi mengenai PKM yang disampaikan oleh Mahdalina Mursilati yang berupa, jenis PKM dan penjelasannya, alur kegiatan PKM, dan sharing mengenai kegiatan PIMNAS 32 UNIVERSITAS UDAYANA BALI 2019. Untuk yang terakhir adalah pemaparan mengenai futsal dari agroteknologi yaitu Farmer Futsal Club dan Apa Futsal Club yang disampaikan oleh Ibnu Syifa, Fakih Yusuf, Fitriana Khomsah, dan Anis Vera.

Acara selanjutnya adalah pentas seni dari mahasiswa baru Agroteknologi 2019 dengan menampilkan beberapa kelompok untuk berkreasi dan menghibur semua peserta Agrophoria 2019. Acara yang terakhir adalah penutupan yang dipandu oleh MC. Widianto Wahyu Nugroho selaku Ketua Umum HIMAGRO UNTIDAR berharap semoga dengan diadakannya acara Agrophoria ini, mahasiswa baru Agroteknologi 2019 dapat mengenal Pertanian secara umum, memahami kurikulum yang sedang berjalan di Fakultas Pertanian, dan dapat mengaplikasikan budidaya hidroponik. ( Himagro, 2019)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *