Penandatanganan PKS Faperta UNTIDAR di Acara Rakernis Ditjen PKRL se-Indonesia

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara LPSPL Serang dan Fakultas Pertanian Universitas Tidar dilaksanakan di sela-sela acara Rakernis Ditjen PKRL, KKP Tahun 2024 (Rapat Kerja Teknis Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan) pada hari Rabu (24/04/2024) di Hotel Padma Semarang.

Naskah PKS tersebut ditandatangani oleh Santoso Budi Widiarto selaku Kepala LPSPL Serang (Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Serang) dan Joko Sutrisno selaku Dekan Faperta UNTIDAR (Fakultas Pertanian Universitas Tidar).

Untuk pelaksana teknis PKS ini adalah Kepala LPSPL Serang dan Koordinator Program Studi Akuakultur Faperta UNTIDAR.

Ruang Lingkup PKS ini meliputi penguatan kapasitas sumber daya manusia, pendataan sumber daya ekosistem dan biota perairan serta pengabdian kepada masyarakat.

Penguatan kapasitas sumber daya manusia mempunyai rencana aksi untuk memfasilitasi pelaksanaan kuliah umum, kuliah praktisi, Praktik Kerja Lapangan (PKL), pratikum lapang, magang, penelitian mahasiswa tingkat akhir,  dan kegiatan yang berkaitan dengan implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pendataan sumber daya ekosistem dan biota perairan dengan rencana aksi akan dilaksanakan di wilayah Rawa Pening Salatiga Provinsi Jawa Tengah.

Pengabdian kepada masyarakat mempunyai rencana aksi melalui pelatihan, penyuluhan dan pendampingan masyarakat mitra kegiatan.

Penandatanganan PKS ini merupakan acara monumental karena dilaksanakan pada acara Rakernis Ditjen PKRL KKP Tahun 2024. Penandatanganan dilakukan setelah pembukaan acara. Pada Pembukaan Rakernis ini dihadiri oleh Dirjen dan sesditjen PKRL KKP serta perwakilan unit kerja/dinas/instansi di lingkungan Ditjen PKRL se-Indonesia.

Sedangkan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono akan hadir pada hari ke-2 yang akan didampingi oleh Pj Gubenur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Penulis : Md.