Profil
Universitas Tidar atau disingkat dengan nama Untidar adalah institusi perguruan tinggi negeri yang baru diantara perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Universitas Tidar merupakan sebuah perguruan tinggi yang berusia muda, memiliki semangat dan cita-cita untuk dapat menjadi Perguruan Tinggi yang maju serta siap bersaing dalam dunia pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pendirian Universitas Tidar, sebagai institusi negeri, Universitas Tidar memiliki fungsi menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi, dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
Universitas Tidar merupakan satu-satunya universitas negeri yang terletak di Magelang. Pembukaan Program Sarjana Akuakultur UNTIDAR mengacu pada badan hukum berupa dokumen: 1) Surat Keputusan Menteri tentang ijin pendirian perguruan tinggi yang akan membuka program studi (PTN/PTS) mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 0395/0/1284; 2) Surat Persetujuan Badan Penyelenggara atas pembukaan program studi baru mengacu pada Surat Persetujuan Rektor Nomor 330/UN57/TU/2017 tentang usulan pembukaan program studi baru; 3) SK Rektor Nomor 251/UN57/TU/2017 tentang usulan program studi baru di lingkungan Universitas Tidar Tahun 2017; dan 4) Surat pertimbangan Senat Universitas Nomor 322/UN57/TU/2017 tentang penambahan program studi pada Universitas Tidar. Program Sarjana Akuakultur merupakan salah satu program studi yang sudah direncanakan untuk dibuka. Pembentukan Program Sarjana Akuakultur mengacu pada Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Terkait dibentuknya Program Sarjana Akuakultur, dibentuklah panitia pada tingkat fakultas dengan SK (Surat Keputusan) Rektor nomor 013/UN57/K/KL/2017 tentang Panitia Pelaksanaan Pembukaan Program Sarjana Akuakultur Fakultas Pertanian UNTIDAR tahun 2017.
Pembentukan Program Sarjana Akuakultur di Universitas Tidar merupakan salah satu solusi untuk mencetak generasi bangsa yang mampu mengembangkan dan memanfaatkan potensi perikanan di daerah Magelang pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya dan mampu berkompetisi di bidang perikanan Nasional. Bernaung di bawah Fakultas Pertanian, Program Sarjana Akuakultur Universitas Tidar dapat berkolaborasi menciptakan inovasi penelitian di bidang perikanan dan ilmu kelautan dan tentu saja juga melibatkan aspek dari sisi pertanian. Program Sarjana Akuakultur di Universitas Tidar patut untuk dikembangkan karena permintaan pasar di tingkat nasional akan kebutuhannya memenuhi salah satu sumber protein (yang berasal dari ikan) semakin meningkat.
Berdasarkan peraturan yang ada dan kedua SK (Surat Keputusan) Rektor di atas, maka sudah jelas legalitas Institusi dalam hal ini Universitas Tidar dalam membentuk program studi baru sebagaimana tercantum dalam Rencana Strategis (Renstra) Universitas Tidar, sehingga tim penyusun pembentukan Program Sarjana Akuakultur memiliki legalitas yang kuat.
Saat ini status program studi S1 Akuakultur terakreditasi dengan peringkat BAIK berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 2513/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/IV/2020. SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tersebut berlaku mulai tanggal 21 April 2020 sampai dengan tanggal 21 April 2025.
UNDUH SK BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI TENTANG AKREDITASI PROGRAM STUDI S1 AKUAKULTUR DISINI
Visi
Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akuakultur berkelanjutan yang berwawasan kewirausahaan pada tahun 2030
Misi
-
- Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dalam bidang Akuakultur berkelanjutan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal
- Menyelenggarakan penelitian dalam bidang akuakultur berkelanjutan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan akuakultur berkelanjutan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal
- Menerapkan teknologi inovatif dan ilmu pengetahuan dalam pengembangan kewirausahaan di bidang akuakultur berkelanjutan tanpa mengesampingkan nilai-nilai luhur dan budaya masyarakat lokal.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan Sarjana akuakultur yang mampu bersaing di dunia kerja berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi, profesionalitas yang bertaqwa kepada Tuhan YME dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.
- Mendorong perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di bidang akuakultur berkelanjutan dengan menghasilkan penelitian yang sesuai dengan perkembangan jaman dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.
- Memberdayakan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang akuakultur berkelanjutan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.
- Meningkatkan kreativitas dan inovasi kewirausahaan di bidang akuakultur berkelanjutan tanpa mengesampingkan nilai-nilai luhur dan budaya masyarakat lokal.
SASARAN
- Terciptanya suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dinamis, kondusif dan terarah di dalam kelas dari dosen kepada mahasiswa dan dosen bukan satu-satunya pusat pembelajaran melainkan mengajak mahasiswa untuk dapat mengembangkan keilmuan yang diberikan dosen.
- Terciptanya lulusan yang memiliki bekal keilmuan akuakultur dan keterampilan sehingga dapat bersaing dalam dunia kerja.
- Menghasilkannya suatu karya ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat serta terpublikasi dalam jurnal nasional maupun internasional .
- Terlaksananya penelitian yang terbarukan sesuai perkembangan IPTEK
- Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran dan berdaya guna.
- Terjalinnya kerja sama antar instansi terkait dalam menjalankan fungsi Tri Dharma dalam bidang perikanan.
- Terjalinnya hubungan baik antar mitra kerja sama sebagai bentuk peningkatan kerja sama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan.
- Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder dalam mendukung kegiatan kewirausahaan di bidang akuakultur berkelanjutan.
STRATEGI PENCAPAIAN
Tahap-tahapan strategi pencapaian sasaran yang direncanakan Program Sarjana Akuakultur dimulai dengan tahap melakukan seleksi sumber daya manusia dalam hal ini dosen yang nantinya akan melengkapi Program Sarjana Akuakultur dan menjadi dosen pengampu matakuliah sesuai dengan kemahiran dan kompetensi masing-masing bidang ilmu Akuakultur. Pada tahap seleksi dosen, benar-benar dicari dosen yang berkompeten untuk memberikan pengajaran matakuliah yang ada dalam kurikulum Program Sarjana Akuakultur dan juga memiliki pengalaman dalam dunia akademisi maupun praktisi. Sebab visi dari Program Sarjana Akuakultur nanti selain mahasiswa memahami teori yang diajarkan, mahasiswa juga harus memiliki ketrampilan dalam praktik di lapangan. Sehingga pengalaman para dosen sangat dibutuhkan dalam hal memberikan pendidikan dan ilmu terapan, terutama pada matakuliah PKL (Praktik Kerja Lapang). Peningkatan rekruitmen dosen sejalan dengan peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana Akuakultur dari tahun ke tahun.
Dosen-dosen pada Program Sarjana Akuakultur nantinya diharapkan untuk meningkatkan selalu keilmuan yang dimiliki dengan menjalankan studi lanjutan baik itu untuk meraih gelar Doktor (S3) atau untuk meraih gelar guru besar (Profesor) sehingga kualitas dosen yang ada nantinya dari tahun ke tahun meningkat dan dapat meningkatkan akreditasi program studi. Setelah sumber daya manusia terpenuhi, barulah mulai tahapan-tahapan selanjutnya dalam rangka mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Sarjana Akuakultur dengan menyusun sebuah strategi pencapainnya lainnya. Strategi pencapaian ini kami susun secara realistis, sehingga dengan optimisme tinggi dapat tercapai dari tahun ke tahun dan bukanlah hanya angan-angan semata. Adapun strategi pencapain yang kami rencanakan mencakup 5 aspek yaitu aspek pendidikan, penelitian, pengabdian mahasiswa, kemahasiswaan dan pengembangan program studi.
Plt Koordinator Program Studi Akuakultur
Waluyo, S.Pi., M.Si.
Waluyo, S.Pi., M.Si.
1 | Dr. Ir. Sri Hidayati, M.P. |
1 | Waluyo, S.Pi., M.Si. |
3 | Annisa Novita Sari, S.Pi., M.Si. |
4 | Muhammad Tri Aji, S.Kel., M.P. |
5 | Abdul Qadir Jailani, S.Kel.,M.P. |
6 | Tholibah Mujtahidah, S.Pi., M.P. |
7 | Andri Nofreeana, S.Pi., M.Sc. |
8 | Soraya Kusuma Putri, S.T.P., M.Sc. |
9 | Eric Armando, S.Pi., M.P. |
10 | Rahayu Wulan, M.Si. |
11 | Muh. Azril, S.S.T.Pi., M.Sc. |
12 | Muhammad Iqbal Fanani Gunawan, M.Si. |
13 | Rizka Qurrota A’yun, S.Gz., M.P.H. |
14 | Shobrina Silmi Qori Tartila, S.Pi., M.Si. |
1 | Murti Dhamayanti, S.E. |
2 | Dias Krisna Arvianto, S.IP. |
3 | Ahmadi, S.P. |
4 | Hony Kharisma Sejati, S.P. |
5 | Yosuana Dewi Cenderawasih, S.Sos. |
6 | Erlina Dwi Nafulani, S.T.P., |
7 | |
8 | Indahul Aqliyah, S.Kom. |
9 | Juzma Ilmahur Mawaddah, A.Md |
10 | |
11 | Alfian Afni Rahman, S.E. |
12 | Karta |
13 | Diyah Safitri, S.E. |
14 | Ika Rahma Febrianti, S.E. |
15 | Yusnia Diniari, A.Md. |
No. |
SMS/Kode MK |
MATA KULIAH |
PRASARAT |
SKS |
|
T |
P |
||||
I | |||||
1 | 201101 | Pendidikan Agama | 2 | 0 | |
2 | 201102 | Pancasila | 2 | 0 | |
3 | 201103 | Bahasa Inggris | 2 | 0 | |
4 | 201104 | Biologi Dasar | 2 | 1 | |
5 | 201105 | Fisika Dasar | 2 | 0 | |
6 | 201106 | Kimia Dasar | 2 | 1 | |
7 | 201107 | Matematika | 2 | 0 | |
8 | 201108 | Pengantar Ilmu Perikanan | 2 | 0 | |
9 | 201109 | Teknik Dasar Instrumen Perikanan | 1 | 1 | |
Total SKS Semester I | 17 | 3 | |||
II | |||||
1 | 201210 | Pendidikan Kewarganegaraan | Pancasila | 2 | 0 |
2 | 201211 | Bahasa Indonesia | 2 | 0 | |
3 | 201212 | Dasar-Dasar Sosial Ekonomi Perikanan | 2 | 0 | |
4 | 201213 | Statistika | Matematika | 2 | 0 |
5 | 201214 | Dasar-Dasar Penangkapan Ikan | 2 | 0 | |
6 | 201215 | Dasar-Dasar Pengawetan Ikan | 2 | 0 | |
7 | 201216 | Iktiologi | Biologi | 2 | 1 |
8 | 20121 | Planktologi | 2 | 1 | |
9 | 201217 | Ilmu Tanah dan Pemupukan Kolam Budidaya | Kimia Dasar | 2 | 0 |
10 | 201218 | Hukum-Hukum Perikanan | 2 | 0 | |
Total SKS semester II | 20 | 2 | |||
III | |||||
1 | 202119 | Averterbrata Air | 2 | 1 | |
2 | 202120 | Biokimia Ikan | Biologi Dasar dan Kimia Dasar | 2 | 1 |
3 | 202121 | Dasar-Dasar Akuakultur | 2 | 1 | |
4 | 202122 | Klimatologi | 2 | 0 | |
5 | 202123 | Metode Ilmiah | Bahasa Indonesia | 2 | 0 |
6 | 202124 | Mikrobiologi Dasar | 2 | 1 | |
7 | 202125 | Oseanografi | Fisika Dasar | 2 | 0 |
8 | 202126 | Pengantar Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) | Hukum-Hukum Perikanan | 2 | 0 |
Total SKS Semester III | 16 | 4 | |||
IV | |||||
1 | 202227 | Biologi Laut | Biologi Dasar | 2 | 1 |
2 | 202228 | Biologi Perikanan | Biologi Dasar | 2 | 1 |
3 | 202229 | Ekologi Perairan | Biologi Dasar | 2 | 1 |
4 | 202230 | Fisiologi Hewan Air | Iktiologi | 2 | 1 |
5 | 202231 | Kewirausahaan | 2 | 0 | |
6 | 202232 | Nutrisi Ikan | Kimia Dasar | 2 | 1 |
7 | 202233 | Parasit dan Penyakit Ikan | Mikrobiologi | 2 | 1 |
Total SKS Semester IV | 14 | 6 | |||
V | |||||
1 | 203134 | Akuakultur Engineering | Fisika | 2 | 1 |
2 | 203135 | Budidaya Pakan Alami | Planktonologi | 2 | 1 |
3 | 203136 | Genetika dan Pemuliaan Ikan | Fisiologi Hewan Air | 2 | 1 |
4 | 203137 | Kolokium | Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Metode Ilmiah | 1 | 0 |
5 | 203138 | Pemagangan Kewirausahaan | Kewirausahaan | 0 | 2 |
6 | 203139 | Manajemen Kualitas Air | Pengantar AMDAL | 2 | 1 |
7 | 203140 | Rancangan Percobaan | Statistika, | 2 | 0 |
8 | 203141 | Reproduksi Ikan | Fisiologi Hewan Air | 2 | 1 |
Total SKS Semester V | 13 | 7 | |||
VI | |||||
1 | 203242 | Eco Park | Pengantar AMDAL | 2 | 1 |
2 | 203243 | Manajemen Akuakultur Payau dan Laut | Reproduksi Ikan | 2 | 1 |
3 | 203244 | Manajemen Akuakultur Tawar | Reproduksi Ikan | 2 | 1 |
4 | 203245 | Pengantar Bioteknologi | 2 | 1 | |
5 | 203246 | Manajemen Pembenihan | Reproduksi Ikan | 2 | 1 |
6 | 203247 | Manajemen Tata Lingkungan | Pengantar AMDAL | 2 | |
7 | 203248 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | Menempuh >100 SKS | 0 | 2 |
Total SKS Semester VI | 12 | 8 | |||
VII | |||||
1 | 204149 | Manajemen Kesehatan Ikan | 2 | 0 | |
2 | 204150 | Praktik Kerja Lapang (PKL) | Menempuh >100 SKS | 0 | 2 |
3 | 204151 | Skripsi | KKN | 0 | 6 |
Total SKS Semester VII | 2 | 8 | |||
VIII | |||||
1 | 204151 | Skripsi | KKN | 0 | 6 |
2 | Kompetensi Bahasa Inggris | Wajib | 0 | ||
3 | Kompetensi Budidaya Ikan | Wajib | 0 | ||
4 | Kompetensi Komputer | Wajib | 0 | ||
Total SKS Semester VIII | 0 | 6 | |||
Jumlah SKS tanpa Mata Kuliah Pilihan | 94 | 38 | |||
Mata Kuliah Semester Gasal | |||||
1 | 202153 | Budidaya Ikan Hias dan akuaskap | 1 | 1 | |
2 | 202152 | Limnologi | 2 | 0 | |
3 | 202155 | Analisis Keputusan | 2 | 0 | |
4 | 203156 | Renang | 1 | 1 | |
5 | 204157 | Manajemen Teknologi Perikanan | 2 | 0 | |
6 | 202158 | Penyuluh Perikanan | 2 | 0 | |
Mata Kuliah Pilihan Semester Genap | |||||
1 | 202259 | Pengantar Ekonomi Perikanan | 2 | 0 | |
2 | 202260 | Bioaktif Perikanan | 2 | 0 | |
3 | 202261 | GIS (Geographic Information System) | Oseanografi | 2 | 0 |
4 | 202262 | Koperasi Perikanan | 2 | 0 | |
5 | 202263 | Teknik Fermentasi | 2 | 0 | |
6 | 203264 | Toksikologi Ikan | Kimia Dasar | 2 | 0 |
Keterangan:
SKS : Satuan Kredit Semester
MK : Mata Kuliah
T : Teori
P : Praktik