UNTIDAR LOLOSKAN 2005 MAHASISWA BARU MELALUI JALUR SNBT

Universitas Tidar (UNTIDAR) tahun ini menerima 2005 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes, yang terdiri dari 1892 mahasiswa program sarjana, dan 113 mahasiswa program diploma. Total pendaftar berjumlah 10.524 orang. Hasil seleksi ini telah diumumkan melalui Portal Seleksi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Selasa (20/6).
“Program studi sosial humaniora yang paling banyak diminati adalah S1 Ilmu Komunikasi, S1 Manajemen, dan S1 Akuntansi. Ketiga prodi ini juga merupakan prodi paling kompetitif, dilihat dari perbandingan jumlah pendaftar dan peserta lolos seleksi. Di bidang saintek yang paling banyak diminati dan paling kompetitif adalah prodi S1 Gizi, S1 Teknik Sipil dan S1 Agroteknologi,” jelas Prof. Dr. Suyitno, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Akademik UNTIDAR.

Saat ditemui ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada para calon mahasiswa yang berhasil lolos seleksi SNBT UNTIDAR tahun 2023. “Saya ucapkan Selamat kepada calon mahasiswa UNTIDAR yang diterima lewat jalur SNBT. Kalian adalah calon-calon mahasiswa terbaik yang akan mengikuti pendidikan di UNTIDAR setelah melalui persaingan yang ketat. UNTIDAR siap membantu menyiapkan masa depan para mahasiswa ke profesi yang sesuai minatnya,” tegas Prof. Yitno.

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah satu dari 3 jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana dan diploma pada perguruan tinggi negeri. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini tidak ada tes mata pelajaran dan berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Peserta UTBK SNBT harus berjibaku memecahkan soal soal penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi Bahasa Inggris. Peserta UTBK SNBT juga harus mampu memecahkan soal-soal tes Potensi Skolastik untuk mengukur kemampuan kognitifnya.

Setelah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBT, calon mahasiswa harus segera melakukan registrasi melalui smart.untidar.ac.id. Dimulai tanggal 21 s.d. 30 Juni 2023. Selanjutnya calon mahasiswa wajib melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal pada tanggal 6-12 Juli 2023. Apabila calon mahasiswa tidak mengikuti kedua tahapan tersebut hingga batas waktu yang ditentukan, ia dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa UNTIDAR Tahun Akademik 2023/2024.

Sebelum SNBT, 725 calon mahasiswa UNTIDAR telah diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Saat ini UNTIDAR masih membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri, yang terdiri dari Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP), Seleksi Mandiri Jalur Kerjasama (SMJK) dan Seleksi Mandiri Ujian Tulis (SMUT). Pendaftaran SMJP dibuka tanggal 6-30 Juni 2023, SMJK dibuka tanggal 13-30 Juni 2023, dan SMUT dibuka tanggal 6-30 Juni 2023. Info selengkapnya tentang Seleksi Mandiri UNTIDAR bisa diakses melalui laman um.untidar.ac.id.

Humas UNTIDAR