KULIAH UMUM : APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DI BIDANG PERIKANAN

Magelang – Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Tidar, menyelenggarakan Kuliah Umum dengan Tema Utama Aplikasi GIS di Bidang Perikanansecara hybrid learning.    Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 13 Juni 2023 yang bertempat di Kampus Terpadu Universitas Tidar menghadirkan pemateri yaitu Zulhman Apandy Harahap, S.Kel., M.Si. Dosen Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Sumatera Utara secara daring serta para dosen prodi Akuakultur dan adik2 mahasiswa baik secara daring maupun luring.

Kegiatan kuliah umum di mulai dengan presentasi dari Bapak Zulhman. Beliau mulai menjelaskan mengenai pengertian GIS (Geographic Information System atau Sistem Informasi Geografi), secara sederhana GIS (Linden, 1987) adalah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi) analisis dan penayangan data secara spesial terkait dengan muka bumi. Terdapat 3 unsur pokok GIS yaitu sistem yang merupakan sekumpulan komponen yang saling berhubungan (inter-relasi) dalam mencapai tujuan tertentu, Informasi yang berarti suatu sistem manusia-mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan, dan geografis (spasial) yang berhubungan dengan letak di permukaan bumi.

“Memungkinkan kenampakan geografi di permukaan bumi digambarkan secara digital sehingga dapat ditampilkan secara abstrak dalam bentuk peta dan dapat digunakan untuk berbagai pemecahan permasalahan selain itu GIS juga menyediakan kenampakan bumi secara digital untuk digunakan dalam pengelolaan dan ilmu pengetahuan,” tegas Zulhman tentang tujuan GIS.

Penulis : Rachmi Nurhardini ,Editor : Ahmadi (Humas Faperta)