MASIH MAJU MUNDUR PILIH FAKULTAS PERTANIAN ? BERTANI JUGA BISA KEREN LHO, AYO KULIAH DI FAPERTA UNTIDAR

Magelang – Salah satu jurusan terpenting yang dapat kalian pilih yaitu Fakultas Pertanian. Pertanian merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Pertanian memenuhi kebutuhan dasar manusia, khususnya makanan. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati ini mulai dari penanaman, budidaya, pemupukan, pemanenan, pengolahan, dan distribusi buah, sayuran, ternak hingga cara yang paling efektif untuk memelihara, membiakkan, dan memasarkan hasil pertanian. Selain itu mahasiswa pertanian juga belajar tentang pengolahan hasil sampingan ternak seperti produk susu, produk daging, produk telur, dan bahkan kulit, serta hasil sampingan tanaman seperti tepung.

 

Fakultas Pertanian menawarkan berbagai macam program studi yaitu Agroteknologi, Peternakan, Perikanan, Teknologi Pangan, Agribisnis bahkan Gizi. Jadi kalian bisa tentukan sesuai passion kalian. Gimana, masih maju mundur pilih Fakultas Pertanian Untidar? Ini dia beberapa alasan memilih Fakultas Pertanian Universitas Tidar.

  1. Urgensi yang sangat penting

Mengingat negara kita adalah negara Agraris. Sumber daya Alam di Indonesia sangatlah mendukung untuk bertani. Bahkan kedepan, semakin bertambahnya populasi di dunia berarti semakin bertambah pula kebutuhan manusia khususnya pangan. Negara tidak bisa maju ketika rakyatnya tidak tercukupi oleh pangan. Orang kaya ataupun orang miskin semua pasti membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup.

  1. Prospeknya sangatlah luas

Cakupan pertanian sangatlah luas, bukan hanya belajar tanaman, tetapi ada juga belajar hewan (ternak, ikan), produk, gizi maupun sistem lingkungan. Jurusan Pertanian dapat memasuki berbagai karir baik di sektor bank, bisnis, pemerintah, nirlaba atau wiraswasta dengan mendirikan usaha sendiri.  Bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan bercocok tanam bisa mengambil agroteknologi, mahasiswa yang tertarik dengan hewan ternak bisa mengambil peternakan, mahasiswa yang tertarik dengan ikan baik air tawar ataupun air laut bisa mengambil perikanan, mahasiswa yang tertarik dengan pengolahan sampingan hasil pertanian bisa mengambil teknologi pangan, atau tertarik dengan bisnis pertanian bisa mengambil agribisnis bahkan yang tertarik dengan kandungan dari hasil pertanian yang nantinya akan masuk kedalam tubuh kita bisa mengambil gizi.

  1. Fasilitas laboratorium lengkap

Laboratorium pertanian di Universitas Tidar cukup lengkap untuk menunjang belajarmu. Kita punya laboratorium dengan teknologi yang canggih, kebun luas di bandongan Kab. Magelang maupun di Kledung Kab Temanggung. Jadi jangan menganggap pertanian hanya menggunakan alat-alat tradisional seperti cangkul dan alat tradisonal lainnya. Pertanian tidak selalu harus berpanas-panasan. Kalian bisa belajar kultur jaringan, hampir 80% petani ini, bekerja di laboratorium full AC dan laboratorium yang sangat nyaman.

Jadi yang perlu kalian tanamankan sekarang adalah pertanian bukan hanya cangkul dan bertani bisa berdasi, karena kita petani keren.

Nah, gimana, tertarik kan ambil jurusan Pertanian?

Penulis : Rachmi Nurhardini, Editor : Ahmadi (Humas Faperta)