MAHASISWA PRODI PETERNAKAN PRAKTIKUM LAPANG STATUS FAALI DOMBA DI KLEDUNG RESEARCH PARK

Kledung Research Park – Minggu (7/5) Mahasiswa Peternakan angkatan 2022 Universitas Tidar kembali mengikuti kegiatan praktikum untuk mendalami ilmu peternakan. Kali ini, sebanyak 141 mahasiswa mengikuti Praktikum Status Faali Ternak yang berlangsung selama dua hari di Kledung Research Park, Universitas Tidar.

Dalam kegiatan praktikum lapang ini, mahasiswa mempelajari cara mengukur status faali domba, seperti respirasi, denyut nadi, jantung, serta temperatur rektal. Selain itu, mahasiswa juga belajar cara menghandle dan menenangkan domba. Hal ini penting untuk mengetahui kesehatan dan kesejahteraan hewan ternak seperti domba dan hewan ruminansia lainnya, serta untuk mengaplikasikan ilmu ternak pada kehidupan nyata.

Kegiatan praktikum lapang ini sangat penting bagi  mahasiswa peternakan, karena memberikan pengalaman belajar yang berbeda dari teori di kelas. Selain itu, lokasi praktikum yang berada di Kledung Research Park memberikan suasana alam yang asri dan menenangkan, sehingga para mahasiswa merasa senang dan antusias mengikuti kegiatan praktikum ini. Mereka berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan dimasa mendatang untuk membuka wawasan dan memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi para mahasiswa peternakan di Universitas Tidar.

Kledung Research Park sendiri merupakan tempat praktikum dan riset yang dimiliki Universitas Tidar. Kledung Research Park terletak di area dataran menengah yang diapit oleh 2 gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Selain untuk pemelihaaan domba  area Kledung Research Park saat ini digunakan untuk pembesaran anggrek dan riset riset lainnya. (Mhs/DN/Ahm – Humas Faperta)