BAJU ADAT DARI BERBAGAI WILAYAH INDONESIA WARNAI UPACARA HARI PENDIDIKAN NASIONAL (HARDIKNAS) 2023 UNIVERSITAS TIDAR

Magelang – Selasa (2/5), Fakultas Pertanian Universitas Tidar Magelang berperan serta dalam Kegiatan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, di Halaman Gedung dr. H. R. Suparsono, Jl. Kapt. Suparman No. 39 Potrobangsan, Magelang Utara. Rektor Universitas Tidar, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si., sebagai Pembina dalam upacara ini, beliau berpakaian rapi mengunakan baju beskap adat Jawa. Dalam pelaksanaan Upacara Hari Pendidikan Nasional ini peserta yang terdiri dari seluruh pegawai Universitas Tidar, diwajibkan menggunakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Pemakaian Baju Adat menambah hikmat dan nuansa yang berbeda pada upacara kali ini.

Dalam peringatan Hardiknas 2023, Prof. Dr. Sugiarto, M.Si. membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Teks pidato Hardiknas 2023 Mendikbudristek tersebut menyoroti sejumlah isu pendidikan di tanah air, terutama perjalanan 3 tahun pelaksanaan program Merdeka Belajar. Beliau mengharapkan Hari Pendidikan Nasional tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang dihadapi, setiap jengkal langkah berani yang telah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar. Oleh karena itu, tetap semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 yang dilaksanakan di Universitas Tidar, disertai dengan penyerahan penghargaan untuk Dosen Berprestasi dengan kriteria nilai indek tertinggi dan pengajaran terbaik. Pada penghargaan ini, Dua Dosen Fakultas Pertanian memperoleh Penghargaan sebagai Dosen Berprestasi. Dua Dosen tersebut yaitu Dr. Tri Suwarni, S.Si., M.Si. dan Nur Hidayah, S.Pt., M.Sc. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Rektor dan Wakil Rektor 1 Untidar.

Selain Penghargaan Dosen Berprestasi, Dalam serangkaian acara peringatan Hardiknas Universitas Tidar tersebut turut dilombakan berbagai lomba, diantaranya lomba kostum terunik. Dalam lomba tersebut, Yosuana Dewi Cenderawasih, S.Sos. Tenaga Kependidikan Fakultas Pertanian berhasil mendapatkan juara 1 lomba kostum terunik kategori perempuan.  Selanjutnya, dalam akhir sambutannya Rektor  berpesan tujuan sebagai dosen adalah mengikuti pedoman Ki Hajar Dewantoro, Ing Ngarso sung Tuladha, Ing Madya mangun karsa, Tut Wuri handayani. 

Penulis : Rachmi Nurhardini

Editor : Ahmadi