Mahasiswa Prodi Peternakan  FAPERTA raih Juara 3 Lomba Business Plan Tingkat Nasional

Salut!!! Itulah yang pantas kita ucapkan kepada mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Tidar (UNTIDAR) yang berhasil menciptakan sebuah produk yogurt pangan fungsional yang bernama YOCCHANG. Produk ini berhasil meraih Juara 3 Lomba Business Plan Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi (UNJA) pada tanggal 24-28 Januari 2024. Ini adalah sebuah prestasi yang luar biasa, mengingat lomba ini diikuti oleh 11 universitas dari seluruh Indonesia.

Tim mahasiswa Prodi Peternakan UNTIDAR yang berhasil meraih Juara 3 Lomba Business Plan Tingkat Nasional terdiri dari dua orang, yaitu Amanda Wahyu Apriyani angkatan 2020 dan Angger Sri Martani angkatan 2022 dengan Dosen Permbimbing Tri Puji Rahayu, S.Pt., M.P.. Mereka adalah mahasiswa yang aktif dan berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Mereka juga tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Peternakan UNTIDAR yang sering mengadakan berbagai kegiatan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa.

YOCCHANG adalah produk yogurt yang dibuat dengan penambahan buah carica dan kayu secang sebagai produk pangan fungsional. Produk ini kaya akan probiotik, antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan zat besi. Proses pembuatannya yang mudah dan murah, dengan menggunakan bahan-bahan yang alami dan lokal. Produk ini menawarkan solusi bagi masyarakat, khususnya peternak dan konsumen produk peternakan, dengan meningkatkan nilai tambah produk susu sapi dan memberikan alternatif produk pangan yang sehat, lezat, dan terjangkau.

Amanda dan Angger merasa sangat bersyukur, bangga, dan senang atas prestasi yang diraih. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, dosen pembimbing, keluarga, teman-teman, dan semua pihak yang telah mendukung mereka. Mereka juga mengapresiasi kerja keras, kerjasama, dan kreativitas yang ditunjukkan oleh anggota tim. Semoga keberhasilan mereka dapat menginspirasi mahasiswa Prodi Peternakan dan Prodi lainnya agar tidak pernah menyerah, terus berinovasi, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Penulis : Yusnia Diniari, A.Md. Editor : Mukhodimin, S.T.