Faperta Siap Menyambut Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024

Fakultas Pertanian Universitas Tidar mengadakan Rapat Persiapan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 pada hari Rabu, 31 Januari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kesiapan seluruh civitas akademika Faperta Untidar dalam menghadapi semester genap yang akan segera dimulai.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Faperta Untidar, Dr. Ir. Joko Sutrisno, MP., Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Lilis Hartati., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Tri Suwarni Wahyudiningsih., serta seluruh dosen dan tenaga kependidikan (tendik) di lingkungan Faperta Untidar.

Acara dibuka oleh Dekan Faperta Untidar dengan menyampaikan sambutan dan arahan terkait persiapan perkuliahan semester genap. Beliau mengapresiasi kinerja dan dedikasi seluruh dosen dan tendik Faperta Untidar selama semester ganjil yang telah berjalan dengan baik.

Selanjutnya, acara diisi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, dan Dr. Agus Suprapto, S.P., M.P. Mereka menyampaikan tentang persiapan apa saja yang sudah dilakukan dan akan dilaksanakan untuk menyambut Semester Genap Tahun Akademik 2023 / 2024.

– Kelengkapan ruang kelas, termasuk sarana dan prasarana pendukung seperti LCD proyektor, sound system, papan tulis, kursi, meja, dan lain-lain.

– Persiapan praktikum yang disediakan oleh Unit Pelaksana Akademik (UPA) atas usulan fakultas, termasuk laboratorium, alat dan bahan.

– Outing class, yaitu kegiatan belajar di luar kelas yang melibatkan kunjungan ke tempat-tempat yang relevan dengan materi kuliah, seperti peternakan, perkebunan, industri, dan lain-lain.

– Asisten perkuliahan dan asisten praktikum, yaitu mahasiswa yang ditunjuk untuk membantu dosen dalam proses pembelajaran, seperti mengatur absensi, mendistribusikan materi, membantu diskusi, dan lain-lain.

Selain itu, mereka juga menyampaikan tentang target persiapan akreditasi internasional untuk program studi lama dan akreditasi nasional untuk program studi baru. Faperta Untidar memiliki tiga program studi lama, yaitu Akuakultur, Agroekoteknologi dan Peternakan. Faperta Untidar juga memiliki tiga program studi baru, yaitu Agribisnis, Teknologi Pangan dan Gizi. Ketiga program studi ini telah mendapatkan izin penyelenggaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan berupaya untuk mendapatkan akreditasi nasional dari BAN-PT dan LamPTKes. Untuk mencapai target tersebut, Faperta Untidar terus melakukan pembenahan dan peningkatan kualitas kurikulum, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, penelitian, pengabdian, dan kerjasama.

Selanjutnya, mereka juga menyampaikan tentang pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) melalui program-program yang mendukung mahasiswa, seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). PKM adalah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang ilmiah, teknologi, dan seni. MBKM adalah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studinya, baik di dalam maupun di luar kampus.

Terakhir, mereka juga menyampaikan tentang evaluasi semester lalu dan perencanaan di semester mendatang. Mereka mengungkapkan kepuasan dan kebanggaan atas capaian dan prestasi yang telah diraih oleh Faperta Untidar selama semester ganjil. Mereka juga mengidentifikasi berbagai tantangan dan hambatan yang perlu diatasi dan ditingkatkan di semester genap dengan berbagai target dan strategi untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik di semester genap.

Pada sesi tanya jawab, kasubbag umum Fakultas Pertanian Murti Dhamayanti, S.E. juga menyampaikan tentang sarana dan prasana yang telah di cek bersama oleh Tenaga Kependidikan Fakultas dan Bagian Umum Universitas, kesiapan ruang kelas, kursi kuliah, LCD proyektor, dan jaringan internet/ wifi di Kampus Sidotopo. Selain itu juga menjelaskan terkait pelayanan mahasiswa seperti Pembayaran UKT mahasiswa pada semester genap ini.

Penulis: Yusnia Diniari, A.Md Editor: Mukhodimin, S.T.