KUNJUNGAN PRAKTIKUM LAPANG : BUDIDAYA SAYUR ORGANIK PETANI MILENIAL DI SAYUR ORGANIK MERBABU

Kopeng  – Mahasiswa Agroteknologi melakukan praktikum lapang Teknologi Perlindungan Tanaman di Sayur Organik Merbabu Kopeng Kabupaten Semarang pada Sabtu (20/5). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh ketua P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya) Citra Muda yang merupakan Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian RI yaitu Sofyan Adi Cahyono, S.P.  Mahasiswa Agroteknologi yang mengikuti praktikum tersebut sebanyak  150 mahasiswa dan didampingi oleh Asisten, PLP dan Dosen Penanggung Jawab.

Dalam sambutannya Dosen penanggungjawab praktikum, Muzayyanah Rahmiyah, S.P., M.Si. menyampaikan bahwa maksud dari praktikum lapang ini adalah untuk membuka wawasan mahasiswa tentang pertanian secara langsung, karena selama ini mahasiswa lebih banyak berinteraksi di dalam kelas dengan berbagai teori-teori tanpa banyak praktik. Untuk itu, diharapkan kegiatan pembelajaran kali ini dapat bermanfaat karena mereka akan berinteraksi dengan petani dan praktisi pertanian secara langsung.

P4S mengelola 10 hektar lahan yang ditanami oleh sayuran organik yang telah tersertifikasi. Penanaman sayuran di Sayur Organik Merbabu dilakukan secara organik mulai dari pengolahan lahan, pemupukan, hingga pengendalian hama penyakit yang seluruhnya menggunakan bahan-bahan organik tanpa bahan kimia.

Latar belakang penanaman dilakukan secara organik karena permasalahan yang komplek diantaranya lahan yang rusak, semakin resistennya hama dan penyakit, kurang sehatnya hasil panennya untuk kesehatan, mahalnya pupuk dan pestisida kimia.

Menurut Sofyan, “Ada 9 alur budidaya secara organik yaitu pembuatan pupuk dan pestisida, pembibitan, pengolahan lahan, pemupukan, penanaman, perawatan, pengendalian hama penyakit, pemanenan dan pengelolaan pasca panen”. Pengelolaan lahan untuk pertanian organik tidak boleh dicampur dengan pertanian kimia namun dapat bersebelahan tetapi wajib ada baffer zone atau area tanaman yang lebih tinggi sehingga efek bahan kimia tidak langsung mengenai pertanian organik yang dikelola.

Dalam praktikum lapang ini, mahasiswa agroteknologi selain belajar budidaya sayuran organik dikenalkan juga tentang pengendalian hama penyakit pertanian organik secara umum diantaranya penyiapan lahan serta pengelolaannya.

Penulis : Rachmi Nurhardini, Editor  : Ahmadi (Humas Faperta)