DOSEN PROGRAM STUDI PETERNAKAN UNIVERISTAS TIDAR AJAK PETERNAK KAMBING PERAHTRAJU MAS DESA KALIREJO MAGELANG CIPTAKAN BANK PAKAN 

MAGELANG – Permasalahan utama pengembangan kambing perah di Kelompok Traju Mas menyangkut ketersediaan dan kontinuitas pakan hijauan yang terbatas, umumnya para peternak disana sering kali memberikan pakan dengan jumlah dan kualitas seadanya sesuai kondisi saat itu. Jumlah kebutuhan nutrien untuk hidup pokok, produksi dan reproduksi kambing tidak mencukupi sehingga produksi susu yang dihasilkan tidak optimal. Padahal potensi di sektor pertanian dan perkebunan disana sangat mendukung. Dosen Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Tidar hadir di tengah-tengah Kelompok Ternak Traju Mas membantu menyelesaikan atas permasalahan tersebut melalui penggadaan bank pakan. 

Program pengadaan bank pakan dikemas dalam kegiatan pengabdian yang pelaksanaannya direncanakan dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan. Tim dosen yang mendampingi dalam kegiatan ini sebanyak 5 orang dosen yang tergabung pada Kelompok Bidang Keilmuan (KBK) Pakan dan Nutrisi Ternak Program Studi Peternakan Universitas Tidar.  Pelaksanaan kegiatan yang telah dijalankan meliputi: 1). Penyuluhan pertama tentang pemanfaatan pakan berdasarkan potensi wilayah; 2) Penyuluhan tentang manajemen tata Kelola hijauan pakan ternak; dan 3). Penyuluhan tentang teknik penananaman hijauan pakan dan dilanjutkan praktik penanaman hijauan pakan di lahan ketua Kelompok Ternak Traju Mas. 

Penyampaian materi tentang pemanfaatan pakan berdasarkan potensi wilayah disampaikan oleh M. Haris Septian, S.Pt., M.Pt., sekaligus ketua program pengabdian dan Dr. Lilis Hartati, S.Pt., M.P. selaku anggota pengabdian, yang dilaksanakan pada tanggal 1 November 2023.  Dalam presentasinya menyampaikan bahwa wilayah Desa Kalirejo ini sangat cocok jika mengembangkan bank pakan guna pemenuhan kebutuhan pakan hijauan, karena potensi sumber daya alam yang ada sangat melimpah.   Dalam kegiatan ini dihadiri oleh seluruh anggota Kelompok Ternak Traju Mas berjumlah 13 orang peternak. 

Kegiatan selanjutnya penyampaian tentang manajemen tata Kelola hijauan pakan ternak Mikael Sihite, S.Pt., pada tanggal 4 November 2023 pukul 21.00 – 23.30 WIB. Dalam diskusinya, para anggota kelompok yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat antusias dan semangat terbukti kegiatan terpaksa diselesaikan karena waktu sudah larut malam. 

Dilanjutkan dengan agenda inti dalam program pengabdian yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 adalah penjelasan tentang teknik penanaman hijauan pakan ternak pada sesi pertama dan sesi kedua dilaksanakan praktik penanaman pakan hijauan di lahan milik ketua Kelompok Ternak Traju Mas.  Dalam penjelasannya Tri Puji Rahayu, S.Pt., M.P. menyampaikan bahwa dalam penanaman hijauan pakan dapat dilakukan dengan berbagai macam diantaranya melalui biji, stek batang, rhizoma, sobekan rumpun (pols).  Dalam penanaman rumput, perlu diperhatikan beberapa hal seperti pengolahan lahan, pemupukan, pemeliharaan dan waktu potong (defoliasi).  Rumput dengan manajemen yang baik akan menghasilkan produktivitas dan kualitas rumput secara optimal. Bahkan jika peternak mau menanam rumput dalam satu kali tanam bisa dipanen maksimal 8-10 tahun, dengan manajemen pemeliharaan yang baik. Praktik penanaman hijauan pakan dipandu langsung oleh seluruh tim pengabdian.  Beberapa jenis rumput yang ditanam antara lain: rumput BB Biogen, Gamma Umami, dan Red Napier sebanyak 2.400 stek batang. 

Semua anggota kelompok ternak sangat antusias dan semangat terbukti keikutsertaan penanaman dan penyelesaian proses tanam pada hari itu.  Pak Slamet selaku ketua Kelompok Ternak Traju Mas sangat senang dan berterimakasih atas pelaksanaan kegiatan menunjang ketersediaan dan kontinuitas hijauan pakan kambing perah dikelompoknya, dan juga bersyukur akan segera mempunyai bank pakan sendiri.

Penulis : Netta Meridianti Putri, Editor : Mukhodimin.