MAHASISWA PRODI AGROTEKNOLOGI LAKSANAKAN PRAKTIKUM KUNJUNG LAPANG KE PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX

Senin (06/03), 129 mahasiswa Agroteknologi semester 4, didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah, Ir Hadi Rianto, M.Sc. dan Siti Nurul Iftitah, S.P., M.P. mengikuti kegiatan praktikum lapang mata kuliah Teknologi Produksi Tanaman Tahunan di PT. Perkebunan Nusantara IX, divisi Tanaman Tahunan Sukamangli. Selama kegiatan berlangsung mahasiswa dipandu oleh staf PTPN IX.

PT. Perkebunan Nusantara IX merupakan badan usaha milik negara yang bergerak di bidang perkebunan, divisi tanaman tahunan. Terdapat dua komoditas tanaman tahunan yang diolah oleh PTPN IX Sukamangli, yakni tanaman kopi dan tanaman karet. Pada praktikum kali ini yang dipelajari oleh mahasiswa adalah tanaman karet. Mahasiswa diajak untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan budidaya tanaman karet hingga pengelolaan paska panen tanaman karet.

Di lahan pembibitan, mahasiswa dijelaskan mengenai proses pembibitan tanaman karet mulai dari pengisian media tanam, penyemaian biji, pindah tanam hingga perbanyakan secara generatif, dengan menggunakan teknik okulasi apabila tanaman karet sudah berumur 1 tahun. Setelahnya mahasiswa diajak untuk mengetahui bagaimana proses pengolahan lahan yang baik untuk menanam tanaman karet di lahan terbuka. Mahasiswa dijelaskan terkait SOP pengolahan lahan yang menjadi acuan dalam penanaman dan mempraktekkan proses penanaman tanaman karet sesuai standar perkebunan. Pada lahan pembibitan mahasiswa juga diajarkan terkait proses pemupukan, pupuk apa saja yang digunakan, tata cara pemupukan yang sesuai SOP perkebunan, serta pengendalian hama penyakit pada tanaman karet.

Dari lahan pembibitan mahasiswa beralih ke lahan perkebunan tanaman karet yang sudah menghasilkan yakni tanaman karet yang sudah dapat disadap untuk diambil lateksnya. Mahasiswa diajarkan terkait proses aturan-aturan penyadapan, teknik penyadapan serta alat-alat penyadapan yang digunakan. Mahasiswa juga dijelaskan terkait tanaman karet yang layak dan tidak layak untuk disadap. Selain itu mahasiswa juga dapat praktik secara langsung terkait penyadapan pada tanaman karet yang telah disiapkan oleh petugas PTPN IX

Lokasi terakhir yang dikunjungi oleh mahasiswa yakni pengolahan paska panen tanaman karet. Mahasiswa diajak untuk mengunjungi gedung produksi pengolahan lateks. Pada lokasi ini mahasiswa dapat melihat secara langsung proses pengolahan lateks mulai dari kebun, kemudian diolah melalui beberapa tahapan hingga menjadi rubber sheet. Tidak hanya sampai disitu saja, mahasiswa juga diajak untuk mengatahui proses penyortiran rubber sheet untuk dikirimkan ke berbagai pasar lokal maupun internasional.Adanya praktikum lapang di PTPN 9 Kebun Sukomangli ini memberikan kesan tersendiri bagi mahasiswa. Mahasiswa memiliki pengetahuan baru mengenai pembudidayaan tanaman karet Melalui praktikum lapang ini diharapkan mahasiswa dapat menambah ilmu, wawasan serta pengalaman yang dapat menjadi bekal untuk meniti masa depan dalam bidang pertanian, terkhusus pada bidang perkebunan tanaman tahunan.

Humas UNTIDAR