KULIAH UMUM AGRIBISNIS

Ketua Umum Asosiasi Agribisnis Indonesia (AAI) yang juga Mantan Wakil Menteri Perdagangan, Prof. Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi, M.Si memberikan Kuliah Umum Mahasiswa Baru Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Tidar (UNTIDAR) dengan tema “Tumbuhkan Masa Depanmu, Dengan Agribisnis”  pada hari Selasa, 5 September 2023 di Ruang Perkuliahan Lantai 5 Gedung Fakultas Pertanian Kampus Sidotopo, UNTIDAR.

Acara dibuka oleh Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si dan  dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian UNTIDAR, Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P serta sekitar 94 mahasiswa baru Prodi Agribisnis, para dosen dan undangan.

Prof. Bayu Krisnamurthi memaparkan kesiapan mentalitas seseorang terutama para mahasiswa bila ingin mendalami dunia kewirausahawan di bidang Agribisnis. Mahasiswa diberikan motivasi dan gambaran terkait Agribisnis agar mahasiswa benar – benar meyakini sudah memasuki masa sukses dengan menjadi mahasiswa Agribisinis. Mahasiswa diharapakan untuk menikmati proses dan menumbuhkan masa depan. Proses menuju sukses di bidang Agribisnis pada hakikatnya tidak bisa instan melainkan harus menumbuhkan dulu. Dalam proses tumbuh dan berkembang, individu harus melewati proses belajar dalam empat dimensi kunci: Learn how to: be, know, do dan live together, yaitu belajar bagaimana menjadi diri sendiri (be), memperoleh pengetahuan (know), mengembangkan keterampilan dan tindakan (do), serta memahami bagaimana hidup bersama dengan orang lain (live together). Belajar menjadi diri sendiri melibatkan eksplorasi identitas, nilai-nilai, dan tujuan pribadi, sementara belajar pengetahuan membawa pemahaman tentang dunia dan budaya di sekitar kita. Pengembangan keterampilan dan tindakan memungkinkan kita untuk mencapai tujuan dan berkontribusi dalam masyarakat, sementara belajar hidup bersama mengajarkan kerjasama, toleransi, dan keterampilan sosial yang diperlukan untuk hidup harmonis dalam komunitas. Keseluruhan proses ini membantu membentuk kepribadian dan perkembangan manusia sepanjang hidup.

Prof. Bayu Krisnamurthi mengemukakan bahwa mahasiswa wajib mencari keunggulan masing – masing, dan jalur akademik bukanlah satu – satunya. Mahasiswa perlu menetapkan niat, menganalisis kebutuhan dunia, mencari tahu apa yang disukai. Apabila sudah memenuhi aspek tersebut, maka masa depan akan cemerlang.

Dalam bidang agribisnis, masalah pemasaran sebenarnya tak ada masalah lagi karena produk pertanian diperlukan sepanjang masa. Dinyatakan bahwa setiap mahasiswa harus mengembangkan berbagai keterampilan tambahan seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kemampuan komunikasi, kolaborasi, dan inisiatif. Dalam konteks agribisnis, penting untuk mendorong semangat tim dan mengutamakan kerja sama yang erat dengan fokus pada konsep “bersama-sama”. Ini melibatkan proses memulai dengan mencari kesamaan, mengembangkan pemahaman, menerima perbedaan dengan penuh penghargaan, serta memiliki semangat belajar yang berkelanjutan dan kesediaan untuk memberikan bantuan kepada orang lain.

Penulis : Netta Meridianti Putri, Editor : Mukhodimin