JELANG PERKULIAHAN SEMESTER GENAP 2019/2020 FAKULTAS PERTANIAN GELAR RAPAT KOORDINASI

Magelang – Selasa (28/1) Pimpinan  dan staf baik dosen maupun tenaga kependidikan melakukan rapat koordinasi persiapan perkuliahan dan praktikum semester genap 2019/2020. Dalam rapat yang dipimpin oleh Dr. Agus Suprapto, S.P., M.P. Ketua Jurusan Agronomi Fakultas Pertanian tersebut membahas sejumlah hal yang berkaitan dengan persiapan perkuliahan serta praktikum di lingkungan Fakultas Pertanian. Selain itu, informasi berkaitan dengan penelitian, pengabdian juga disinggung dalam rapat ini.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Pertanian Ir. Usman Siswanto, M.Sc., Ph.D. menyatakan bahwa Fakultas Pertanian saat ini perlu merespon dinamika perubahan yang terjadi, termasuk pencanangan tentang merdeka belajar dan kampus merdeka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Disebutkan bahwa saat ini Fakultas Pertanian ditugasi untuk mengelola 2 kebun percobaan yaitu yaitu kebun KP3 Bandongan Kabupaten Magelang dan Kebun Etalase Tanaman Obat Sidotopo yang berada di Kota Magelang. Meskipun masih dalam skala terbatas KP3 Bandongan telah mengakomodasi kegiatan riset yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Sementara itu, Etalase Kebun Tanaman Obat telah dimanfaatkan untuk kegiatan praktikum mahasiswa maupun penelitian dosen terutama yang terkait dengan identifikasi, morfologi dan tanaman obat.

Selain itu, tahun 2020 ini Fakultas Pertanian merencanakan untuk menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa dengan universitas di wilayah Asia Tenggara. Hal ini merupakan upaya untuk melebarkan spektrum Fakultas Pertanian Universitas Tidar di tingkat Internasional. Tahun ini terdapat 23 riset dosen Fakultas Pertanian yang didanai oleh DIPA UNTIDAR maupun Kemenristekdikti-BRIN.

Gambar : Rapat koordinasi persiapan perkuliahan dan praktikum di lingkungan Fakultas Pertanian

Rapat koordinasi tersebut juga dihadiri oleh seluruh Koordinator Program Studi di Lingkungan Fakultas Pertanian. Masing – masing koordinator program studi memaparkan kesiapannya dalam pelaksanaan perkuliahan dan praktikum semester genap 2019/2020. Seperti yang telah terjadwal dalam Kalender Akademik Universitas Tidar KRS akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 8 Februari 2020, sementara pelaksanaan wisuda periode april 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2020. Sementara itu, tahun ini mahasiswa Fakultas Pertanian akan kembali melaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada bulan Juli – Agustus 2020. Program KKN bagi mahasiswa kembali diadakan setelah terakhir dilaksanakan pada tahun 2014 silam. Program KKN tersebut akan di kelola oleh LPPM-PMP Universitas Tidar. Informasi lebih lanjut berkaitan dengan kegiatan KKN akan diumumkan secara resmi melalui website untidar.ac.id (Ahm, 2020).

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *