Faperta UNTIDAR jalin kerjasama dengan FP UNIB

Dekan Faperta UNTIDAR, Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P. beserta tim mengadakan kunjungan resmi ke Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu (Kamis, 21 Desember 2023). Dalam kunjungan kerja tersebut delegasi Faperta UNTIDAR diterima oleh  Dekan Fakultas Pertanian UNIB, Prof. Dr. Ir. Dwi Wahyuni Ganefianti, M.S dan jajarannya.

Fokus utama dari kunjungan ini adalah untuk memulai kerjasama antar-institusi dalam konteks pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, terutama di bidang pertanian. Langkah awal ini diharapkan dapat mengintensifkan kolaborasi akademik antara kedua lembaga. Dalam pertemuan tersebut, Faperta UNTIDAR dan FP UNIB merancang berbagai program kerjasama yang mencakup pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, dan penelitian. Tujuannya adalah agar kerjasama ini dapat terus berkembang, menjadi tonggak produktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia.

Beberapa kegiatan yang direncanakan untuk kedepannya mencakup:

  1. Perumusan bentuk kerjasama dalam pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang agroteknologi.
  2. Pelaksanaan program magang di sektor kelapa sawit di Bengkulu.
  3. Kerjasama di bidang pengembangan anggrek, penelitian, dan penyelenggaraan kuliah tamu.

Selain itu, kunjungan ini juga membahas tentang proses akreditasi internasional, mengingat Faperta UNTIDAR sedang mempersiapkan diri untuk meraih akreditasi internasional. Dengan fokus tersebut, kunjungan ini memberikan dorongan tambahan bagi Faperta UNTIDAR dalam merinci strategi dan perbaikan yang diperlukan.

Penulis : Netta Meridianti Putri, Editor : Mukhodimin.