DOSEN MUDA FAPERTA UNTIDAR IKUTI SEMINAR INTERNASIONAL

Yogyakarta – Dua dosen muda program Studi Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Tidar berhasil lolos seleksi dan mengikuti The 8th, Internasional Conference di Yogyakarta. ISLAB 2023 diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Acara yang dilaksanakan pada Jumat – Sabtu (21-22/7/2023) tersebut mengangkat tema “The Indonesia Society For Lactic Acid Bacteria And Gut Microbiota”.

Adalah Rahayu Wulan, S.Si., M.Si. dan Muhammad Iqbal Fanani Gunawan, S.TP., M.Si dua dosen muda Prodi Teknologi Pangan yang berhasil lolos seleksi ISLAB-UGM 2023. Keduanya bersaing ketat bersama beberapa dosen dari berbagai Perguruan Tinggi, yang mengikuti seleksi abstrak dan juga poster.

“Acaranya sangat menarik dan insightful, invited speakernya keren dan berasal dari internasional (Malaysia, Jepang, Indonesia), sangat membuka wawasan kita tentang perkembangan penelitian gut microbiota dan pangan fungsional probiotik sampai saat ini. Banyak benefit yang kami dapatkan. Saya meneliti tentang”Treatment of Probiotic Yeast, Pichia kudriavzevii 2P10, in Combination with Prebiotic Mannan oligosaccharide Modulates the Gut Microbiota of Salmonella Typhimurium-infected Sprague Dawley Rats“. Penelitian tersebut menitikberatkan tentang pemberian P. kudriavzevii 2P10, MOS, dan kombinasinya dapat memodulasi mikrobiota usus untuk mencegah keparahan disbiosis setelah infeksi S. Typhimurium, dengan pengobatan terbaik adalah P. kudriavzevii 2P10,” jelas Wulan.

Seminar internasional tersebut juga mengundang beberapa pembicara dari berbagai negara, antara lain Dr. Shin Yoshimoto (Jepang), Prof. Hooi Ling Foo (Malaysia), Dr. Shin Yoshimoto (Jepang), Dr. Anis Shobirin Meor Hussin (Malaysia), dan Jacky Dwiyanto, Ph.D (Malaysia). Iqbal, mengaku mengikuti Internasional Conference seperti ISLAB – UGM  ini adalah salah satu upaya untuk membuka wacana baru bagi dosen muda sepertinya. Muhammad Iqbal Fanani Gunawan, S.TP., M.Si menjadi peserta poster dengan judul “A Comprehensive Scientific Review Of Possible Resistant Starch In Getuk:Its Formation, Health Effects, And Potential Applications As Prebiotics”.

“Saya rasa, mengikuti seminar internasional sangat penting bagi dosen, selain dapat mengupdate pengetahuan, seminar internasional juga sebagai ajang berkomunikasi dengan pakar ilmiah sehingga membuka peluang kerjasama dan kolaborasi untuk berkegiatan TriDharma dengan Perguruan Tinggi lain ataupun stakeholder. Selain itu, dosen yang berkegiatan di luar kampus juga dapat meningkatkan Indikator Kinerja Utama Universitas.” jelas Iqbal.

Penulis : Erlina Dwi Nafulani, Rachmi Nurhardini  Editor : Ahmadi