Menyambut Hari Gizi Nasional 2024 Prodi Gizi Faperta UNTIDAR Resmi menjadi Anggota Baru AIPGI

Program Studi (Prodi) Gizi Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Tidar (UNTIDAR) resmi menjadi anggota baru Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia (AIPGI). Hal ini ditandai dengan penyerahan sertifikat AIPGI oleh Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS kepada Dekan Faperta, Dr. Ir. Joko Sutrisno, MP. pada acara visitasi yang dilakukan secara daring melalui zoom pada hari Senin, 29 Januari 2024.

Acara visitasi ini dihadiri oleh Dekan Faperta Dr. Ir. Joko Sutrisno, MP, Koordinator Prodi Gizi Farida, S.Gz., M.P.H., Dosen Gizi, dan Pengurus AIPGI. Prof. Hardinsyah adalah Guru Besar Tetap Ilmu Gizi dan pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor. Beliau juga memberikan tanggapan dan masukan terkait perkembangan Prodi Gizi Faperta.

Visitasi ini dilaksanakan untuk peringatan Hari Gizi Nasional yang ke-64 pada tanggal 25 Januari 2024. Hari Gizi Nasional merupakan momentum untuk meningkatkan komitmen bersama dalam membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang.

Acara visitasi ini bertujuan untuk mengenalkan Prodi Gizi Faperta sebagai anggota baru AIPGI dan memperoleh bimbingan dan dukungan dari PERGIZI PANGAN Indonesia dalam rangka persiapan akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes). Selain itu, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan kerjasama antara Prodi Gizi Faperta dengan institusi pendidikan gizi lainnya di Indonesia.

Acara visitasi ini berlangsung dengan lancar dan interaktif. Acara disambut oleh Dekan Faperta yang menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Prof. Hardinsyah dan AIPGI. Kemudian, Koordinator Prodi Gizi memberikan penjelasan mengenai pembentukan prodi dan kelebihan prodi gizi, visi misi dan tujuan, kurikulum, profil lulusan, komposisi mata kuliah, struktur mata kuliah, sumber daya manusia, dan laboratorium.

Prof. Hardinsyah memberikan tanggapan dan masukan yang konstruktif, antara lain:

– Menyusun visi dan keunikan prodi sesuai dengan karakteristik Universitas X dan mengembangkan produk agrokompleks lokal yang bisa membantu permasalahan gizi di daerah dan setara nasional.

– Menamakan laboratorium sesuai dengan fungsinya, yaitu lab biologi dan anatomi, lab kimia dan biokimia, dan sebagainya.

– Membuat program pendidikan profesi setelah semester 4, agar mahasiswa lulusan bisa mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) dan bekerja lebih layak di bidang gizi.

– Menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan gizi lainnya di bawah naungan AIPGI dan PERGIZI PANGAN Indonesia.

Acara visitasi ini ditutup dengan penyerahan sertifikat AIPGI kepada Dekan Faperta sebagai tanda resmi menjadi anggota baru AIPGI. Rencananya, pertemuan AIPGI akan dilanjutkan pada minggu keempat Februari 2024 di Bogor.

Penulis : Yusnia Diniari, A.Md. Editor : Mukhodimin, S.T.

FAPERTA UNTIDAR Mengadakan Workshop Untuk Meningkatkan Kualitas dan Akreditasi Jurnal Ilmiah

Fakultas Pertanian Universitas Tidar (FAPERTA UNTIDAR) mengadakan workshop tentang strategi pengelolaan dan penyuntingan jurnal ilmiah pada Rabu, 24 Januari 2024. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan akreditasi jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh FAPERTA UNTIDAR. Workshop ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Prof. Dr. Ir. Mujiyo, S.P.M.P dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Dr. Ir. Yuli Widyastuti, M.P dari BRIN Tawangmangu, dan Yoris Adi Maretta, M.Pd dari Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Mujiyo, S.P.M.P  yang membahas tentang pengelolaan jurnal pertanian. Beliau menjelaskan bahwa pengelolaan jurnal ilmiah meliputi manajemen, review, dan publikasi naskah. Beliau juga mereview satu persatu jurnal yang ada di FAPERTA UNTIDAR, yaitu Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia, VIGOR, Jurnal of Agriculture Development and Environment (JADE), KASTARA, Jurnal of Livestock Science and Production, dan Jurnal of Junior Agricultural Scientist (JJAS). Beliau memberikan saran dan masukan untuk meningkatkan kualitas dan akreditasi jurnal-jurnal tersebut.

“Kita mengelola jurnal dan naskah orang lain tapi juga sebagai pengembangan diri. Kita harus terus belajar dan berinovasi untuk membuat jurnal yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Prof. Mujiyo.

Beliau juga menekankan pentingnya upaya lingkungan dalam pengelolaan jurnal ilmiah, yaitu adanya dukungan pimpinan perguruan tinggi, pengerahan segala sumber daya, bargaining power untuk sharing dan kolaborasi penulis, dan keseimbangan antara kewajiban dan hak pengelola jurnal.

Materi kedua disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Yuli Widyastuti, M.P yang membahas tentang teknik penyuntingan naskah jurnal ilmiah. Beliau berbagi pengalaman dari Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia yang telah terakreditasi SINTA 2. Beliau menceritakan perjalanan jurnal tersebut dari tahun 2008-2022, dari paper base sampai online. Beliau juga mengungkapkan tantangan re-akreditasi yang dihadapi, yaitu menyiapkan tim yang solid, mencermati secara detail tata cara dan persyaratan re-akreditasi, melakukan self assessment secepat mungkin, dan memperbaiki dan meningkatkan poin penilaian yang masih lemah.

“Penyuntingan jurnal ilmiah yaitu menyiapkan naskah yang siap diterbitkan dari ejaan, diksi, dan struktur kalimat. Kita bisa mengakses aplikasi secara mudah namun harus kita hindari. Kita harus memahami naskah, mengecek plagiarisme melalui Google Scholar, dan mengetahui aspek apa saja yang perlu disunting,” ujar Prof. Yuli.

Materi ketiga disampaikan oleh Yoris Adi Maretta, M.Pd yang membahas tentang pengelolaan Open Journal System (OJS) 3.0, persiapan indeksasi Directory of Open Access Journals (DOAJ), dan persiapan akreditasi. Beliau menjelaskan tentang akun Digital Object Identifier (DOI), ARJUNA, SINTA, dan terkait DOAJ. Beliau juga mengingatkan bahwa indeksasi GARUDA perlu di-update lagi agar terakreditasi dan harus didaftarkan lagi.

“OJS 3.0 adalah sistem yang digunakan untuk mengelola jurnal ilmiah secara online. Kita harus menguasai OJS 3.0 agar bisa mengelola jurnal dengan baik dan efisien. Kita juga harus mempersiapkan indeksasi DOAJ dan akreditasi dengan memenuhi semua persyaratan dan kriteria yang ditetapkan,” tutur Yoris.

Beliau juga memberikan bimbingan dan demonstrasi tentang cara mengoperasikan OJS 3.0, seperti membuat profil, mengunggah naskah, mengatur proses review, dan mempublikasikan artikel. Beliau juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta workshop mengenai updating jurnal dan submit jurnal.

Workshop tentang strategi pengelolaan dan penyuntingan jurnal ilmiah di FAPERTA UNTIDAR berlangsung dengan lancar dan sukses. Workshop ini memberikan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi pengelola, penulis, dan reviewer jurnal ilmiah. Workshop ini juga menjadi ajang silaturahmi dan diskusi antara para akademisi dan praktisi di bidang pertanian. Semoga workshop ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan jurnal ilmiah di FAPERTA UNTIDAR.

Penulis: YD. Editor: MD.

JADWAL PENGAMBILAN KTM-ATM MAHASISWA FAPERTA UNTIDAR ANGKATAN TAHUN 2023 YANG MASIH BELUM DIAMBIL

Bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tidar Angkatan Tahun 2023 yang belum mengambil Kartu Tanda Mahasiswa (KTM-ATM) pada jadwal yang telah disampaikan sebelumnya, diharapkan untuk segera melakukan pengambilan KTM pada:

Hari/Tanggal : Jum’at, 16 Februari 2024 di Bank Jateng Kantor Fungsional Untidar, Jl. Kapten Suparman 39 Magelang

Jam pelayanan : 09.00 s.d. 12.00 WIB

Syarat yang Harus Dibawa :

a.  1 Lembar Foto Copy KTP

b.  1 lembar print out (kertas hvs) foto selfie memegang KTP

Daftar Mahasiswa yang belum mengambil KTM-ATM di Bank Jateng cek DISINI

Bagi Mahasiswa yang sudah melakukan pembayaran setoran awal pembukaan rekening KTM-ATM namun namanya belum tercantum dalam daftar pengambilan, mohon untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pastikan rekening tujuan dan bank mitra untuk pembayaran setoran awal pembukaan rekening KTM-ATM sudah benar. Pembagian bank mitra seperti yang tgercantum pada tabel di atas.
  2. Pastikan nominal transfer sudah sesuai dengan pengumuman sebelumnya (cek di pengumuman registrasi sesuai jalur masuk pada Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023)
  3. Pastikan setelah membayar, sudah melakukan konfirmasi pembayaran pada link yang sudah disampaikan pada masing-masing jalur masuk penerimaan mahasiswa baru (cek link konfirmasi di pengumuman registrasi sesuai jalur masuk pada Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023)

Apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian dana setoran awal pembukaan rekening KTM-ATM, dipersilahkan membuat surat permohonan pindah buku kepada Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Universitas Tidar. Informasi mengenai prosedur penyampaikan surat, dapat menghubungi helpdesk Universitas Tidar

PENDAFTARAN BEASISWA BANK INDONESIA TAHUN 2024 FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS TIDAR

Bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tidar yang berminat untuk mendaftar Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2024 diharapkan agar segera mendaftarkan diri dengan ketentuan sbb :

I. Persyaratan

  1. Bersedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.
  2. Mahasiswa bukan penerima Beasiswa Bank Indonesia selama 4 (empat) semester.
  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4) dan sekurang kurangnya telah menyelesaikan 40 (empat puluh) Satuan Kredit Semester (SKS) atau 3 (tiga) semester. (Lampirkan Transkrip Nilai yang telah disahkan. link permohonan Surat Mahasiswa Faperta https://bit.ly/layananadministrasifaperta).
  4. Mahasiswa aktif Universitas Tidar semester 4 (empat) program S1, dan semester 6 (enam) program S1. (Lampirkan scan Kartu Tanda Mahasiswa atau Surat Keterangan Mahasiswa Aktif. Link permohonan Surat Mahasiswa Faperta https://bit.ly/layananadministrasifaperta).
  5. Maksimal berusia 23 tahun atau belum berusia 24 tahun pada saat ditetapkan sebagai penerima beasiswa. (Lampirkan scan KTP asli).
  6. Bagi Mahasiswa yang berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu/pra sejahtera melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan/desa domisili orang tua mahasiswa.
  7. Tidak sedang menerima beasiswa dan/atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain. (Lampirkan surat pernyataan bermeterai 10.000 format terlampir).
  8. Mempunyai pengalaman menjalankan aktivitas sosial yang memiliki dampak kebermanfaatan bagi masyarakat. (Lampirkan scan buktinya).
  9. Mengumpulkan resume pribadi dan motivation letter dalam bahasa Indonesia.
  10. Mengumpulkan scan sertifikat/piagam penghargaan prestasi, magang, partisipasi dalam kegiatan nasional atau internasional (jika ada).
  11. Mengumpulkan surat rekomendasi beasiswa dari pimpinan fakultas Dekan/Wakil Dekan Bidang I Fakultas Pertanian yang telah disahkan. (Permohonan surat rekomendasi beasiswa BI Tahun 2024 Fakultas Pertanian isi link berikut menggunakan email @untidar.ac.id, https://bit.ly/RekomendasiBeasiswaBI2024Faperta
  12. Mengumpulkan Form A.1 dari Bank Indonesia (format dapat diunduh pada bit.ly/formbeasiswaBIJateng2024) bermeterai 10.000 dan ditempeli pas foto ukuran 3×4 latar belakang merah.
  13. Mengumpulkan surat pernyataan tidak ada hubungan kekeluargaan dengan pegawai BI (format terlampir).

II. Alur Seleksi

  1. Seleksi Tahap 1 : Berkas Administrasi
  2. Seleksi Tahap 2 : Wawancara

III. Prioritas Program Studi pada Fakultas Pertanian

  1. S1 Agroteknologi
  2. S1 Peternakan
  3. S1 Akuakultur

IV. Pengumpulan Berkas Pendaftaran

  • Berkas pendaftaran hardfile menggunakan amplop coklat dilengkapi nama pendaftar wajib dikumpulkan di Subbagian Umum TU Fakultas Pertanian pada hari dan jam kerja
  • Berkas pendaftaran softfile wajib diunggah pada laman  bit.ly/PendaftaranBeasiswaBI2024_UNTIDAR paling lambat hari Kamis, 25 Januari 2024.

Lampiran:

Unduh surat pengumuman Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2024 Universitas Tidar > klik disini <

BANTUAN BIAYA KULIAH BAGI MAHASISWA UNTIDAR DARI UNIT PENGUMPUL ZAKAT (UPZ) UNIVERSITAS TIDAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Tidar akan menyalurkan BANTUAN BIAYA KULIAH bagi mahasiswa Universitas Tidar.

Mahasiswa yang akan mengajukan bantuan biaya kuliah dapat melalui link pendaftaran pada:

https://bit.ly/BantuanUangKuliah2024.

Dengan Timeline Pelaksanaan sebagai berikut:

Pendaftaran : 15 – 20 Januari 2024

Seleksi Berkas : 21 – 23 Januari 2024

Pengumuman : 24 Januari 2024

Penyerahan : 25 Januari 2024

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

PERMOHONAN BANDING/KERINGANAN UKT MAHASISWA FAPERTA UNTIDAR SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2023/2024

Permohonan Banding/Keringanan UKT Mahasiswa Faperta Untidar Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 Susulan.

Berkas permohonan paling lambat diterima Pelayanan Mahasiswa Fakultas Pertanian (Lobby Lt.1 Gedung Fakultas Pertanian Kampus Sidotopo) pada tanggal 18 Januari 2024 pukul 15.00 WIB.

JADWAL PEMBAYARAN UKT MAHASISWA FAPERTA UNTIDAR SEMESTER GENAP T.A 2023/2024

  • Jadwal Pembayaran UKT Mahasiswa FAPERTA UNTIDAR Semester Genap T.A 2023/2024 pada tanggal 8 s.d. 28 Januari 2024 di Bank Jateng sesuai dengan surat berikut ini, silahkan Klik Disini
  • Panduan Pembayaran di Bank Jateng, silahkan Klik Disini

Jika terjadi GAGAL TRANSAKSI dikarenakan mahasiswa melakukan pembayaran diluar panduan/kententuan berlaku menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa.

Faperta UNTIDAR jalin kerjasama dengan FP UNIB

Dekan Faperta UNTIDAR, Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P. beserta tim mengadakan kunjungan resmi ke Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu (Kamis, 21 Desember 2023). Dalam kunjungan kerja tersebut delegasi Faperta UNTIDAR diterima oleh  Dekan Fakultas Pertanian UNIB, Prof. Dr. Ir. Dwi Wahyuni Ganefianti, M.S dan jajarannya.

Fokus utama dari kunjungan ini adalah untuk memulai kerjasama antar-institusi dalam konteks pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, terutama di bidang pertanian. Langkah awal ini diharapkan dapat mengintensifkan kolaborasi akademik antara kedua lembaga. Dalam pertemuan tersebut, Faperta UNTIDAR dan FP UNIB merancang berbagai program kerjasama yang mencakup pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, dan penelitian. Tujuannya adalah agar kerjasama ini dapat terus berkembang, menjadi tonggak produktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia.

Beberapa kegiatan yang direncanakan untuk kedepannya mencakup:

  1. Perumusan bentuk kerjasama dalam pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang agroteknologi.
  2. Pelaksanaan program magang di sektor kelapa sawit di Bengkulu.
  3. Kerjasama di bidang pengembangan anggrek, penelitian, dan penyelenggaraan kuliah tamu.

Selain itu, kunjungan ini juga membahas tentang proses akreditasi internasional, mengingat Faperta UNTIDAR sedang mempersiapkan diri untuk meraih akreditasi internasional. Dengan fokus tersebut, kunjungan ini memberikan dorongan tambahan bagi Faperta UNTIDAR dalam merinci strategi dan perbaikan yang diperlukan.

Penulis : Netta Meridianti Putri, Editor : Mukhodimin.

PENGAMBILAN KTM-ATM MAHASISWA FAPERTA UNTIDAR TA 2023/2024

Diberitahukan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tidar angkatan Tahun Akademik 2023/2024, dengan ini kami sampaikan jadwal pengambilan KTM-ATM sebagai berikut:

Bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian (FAPERTA), diharapkan untuk melakukan pengambilan KTM-ATM pada:
1Jadwal Pengambilan Tahap I, II dan III
Hari, Tanggal:1. Senin, 4 Desember 2023
   2. Senin, 18 Desember 2023
   3. Rabu, 20 Desember 2023
Waktu:09.30 – 14.00 WIB
Tempat:Gedung dr.H.R. Suparsono Universitas Tidar
Catatan:Mahasiswa Wajib membawa
Alat tulis
1 Lembar Foto Copy KTP
1 lembar print out (kertas hvs) foto selfie memegang KTP
Daftar Mahasiswa silahkan KLIK DISINI
2Jadwal Pengambilan Jalur SMUT, SMJP Tahun 2023
Hari, Tanggal:Jum’at, 22 Desember 2023
Waktu:08.00 – 14.30 WIB
Tempat:Gedung dr.H.R. Suparsono Universitas Tidar
Catatan:Mahasiswa Wajib membawa
Alat tulis
1 Lembar Foto Copy KTP
1 lembar print out (kertas hvs) foto selfie memegang KTP
Daftar Mahasiswa silahkan KLIK DISINI