Meninjau Kualitas Pembelajaran Melalui Monitoring dan Evaluasi Perkuliahan Semester Genap 2023/2024 di UNTIDAR

Universitas Tidar (UNTIDAR) berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajarannya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Perkuliahan Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 di Fakultas Pertanian (FAPERTA). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10-14 Juni 2024 dengan jadwal yang berbeda-beda untuk setiap program studi.

Monev bertujuan untuk mempertahankan dan menjaga kualitas pembelajaran yang telah berjalan di UNTIDAR. Melalui monev, tim auditor dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) UNTIDAR melakukan penilaian terhadap berbagai aspek pembelajaran, antara lain:

Rencana Pembelajaran Semester (RPS): Diperiksa kelengkapan, kesesuaian dengan kurikulum, dan efektivitas RPS dalam mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.

Sistem/Aplikasi Elita: Dinilai kemudahan penggunaan, kelengkapan fitur, dan efektivitasnya dalam mendukung proses pembelajaran.

Tepat Waktu Perkuliahan: Diperiksa kehadiran dosen dan mahasiswa, serta ketepatan waktu memulai dan mengakhiri perkuliahan.

Fasilitas Pembelajaran: Dinilai kesesuaian fasilitas dengan kebutuhan pembelajaran, seperti ruang kelas, laboratorium, dan alat peraga.

Tim auditor LPMPP UNTIDAR melakukan kunjungan lapangan ke berbagai program studi untuk melakukan penilaian secara langsung. Dalam kunjungan tersebut, tim auditor memverifikasi data yang telah diunggah oleh prodi melalui sistem penjaminan mutu UNTIDAR.

Hasil monev akan menjadi acuan bagi UNTIDAR untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Temuan-temuan yang diperoleh selama monev akan dibahas dalam rapat tindak lanjut oleh LPMPP UNTIDAR.  Dari rapat tersebut, dilakukan evaluasi untuk mengatasi kekurangan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di UNTIDAR.

Monev Perkuliahan Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 merupakan langkah penting dalam upaya UNTIDAR untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan melibatkan berbagai pihak, seperti tim auditor LPMPP UNTIDAR, pimpinan fakultas dan program studi, dosen, dan mahasiswa, UNTIDAR berharap dapat mencapai tujuannya untuk menjadi universitas yang unggul dalam kualitas pembelajaran.

Monev juga menjadi sarana untuk membangun sinergi antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran. Dengan sinergi yang kuat, UNTIDAR yakin dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Penulis : Yusnia Diniari