TIM DOSEN FAKULTAS PERTANIAN UNTIDAR LAKSANAKAN PROGRAM PENDAMPINGAN PETANI DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI KEDELAI DI KABUPATEN BLORA DAN REMBANG

Blora – Selasa, 14 Maret 2017 tim dosen Fakultas Pertanian UNTIDAR yang terdiri dari Ir. Gembong Haryono, M.P., Ir. Historiawati, M.P., dan Marlina Puspita Sari, S.P., M.Sc. mengunjungi Kabupaten Blora untuk melaksanakan sosialisasi mengenai teknik budidaya kedelai. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh PPL dan POPT se- Kabupaten Blora dan dihadiri oleh Kepala UPTD Dinas Pertanian Kabupaten Blora. Pada sosialisasi ini, Ir. Gembong Haryono, M.P. menyampaikan mengenai teknik budidaya kedelai mencakup pengolahan lahan hingga cara penanaman kedelai kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai hama dan penyakit pada kedelai yang disampaikan oleh Marlina Puspita Sari, S.P., M.Sc. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam, peserta sosialisasi nampak antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh pembicara. Kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal yang dilakukan dalam upaya peningkatan produksi kedelai di Jawa Tengah, untuk tahap selanjutnya akan dilaksanakan pelatihan budidaya kedelai bagi petani. Fakultas pertanian UNTIDAR bekerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah mendapat kepercayaan untuk mendampingi petani kedelai di empat kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Kebumen.

Gb 1

Gb 1. Ir. Gembong Haryono, M.P. menyampaikan materi mengenai teknik budidaya tanaman kedelai

Gb 2

Gb 2. Marlina Puspita Sari, S.P., M.Sc. menyampaikan materi mengenai hama dan penyakit pada tanaman kedelai beserta teknik pengendaliannya

Rabu, 15 Maret 2017 tim dosen Fakultas Pertanian melanjutkan kunjungan ke Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang untuk melaksanakan sosialisasi. Sosialisasi di Kabupaten Rembang dihadiri oleh PPL, POPT, Mantri Tani, dan Perwakilan Kelompok Tani di Kabupaten Rembang. Materi sosialisasi yang disampaikan serupa dengan materi yang disampaikan di Kabupaten Blora, karena masih merupakan satu rangkaian kegiatan. Antusiasme peserta sosialisasi cukup tinggi, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta sosialisasi pada saat sesi diskusi. Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar hingga pukul 13.00 kemudian dilanjutkan survey ke salah satu lahan kedelai di Kabupaten Rembang.

Gb 3

Gb 3. Sosialisasi budidaya tanaman kedelai di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang

Lahan tanaman kedelai yang dikunjungi oleh tim dosen Fakultas Pertanian UNTIDAR lokasinya cukup jauh dari pusat Kabupaten Rembang, yaitu di Dusun Sangkrah, Kelurahan Logede, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang. Berdasarkan hasil survey, sebagian besar lahan kedelai di Kabupaten Rembang merupakan lahan tadah hujan. Populasi hama dan penyakit belum terlalu tinggi sehingga belum diperlukan upaya pengendalian khusus. Pada beberapa tempat terjadi pertumbuhan yang kurang baik akibat tidak tuntasnya air pada petakan tersebut (ada penyumbatan air), menyebabkan tanaman bacek (pertumbuhannya jelek) sehingga hasilnya rendah. Pada petakan yang bacek rata-rata menghasilkan 6-7 cabang produktif dan pada petakan yang dibumbun (tanpa genangan air) rata-rata dapat menghasilkan 8-11 cabang produktif. (Mrl/Ahm)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *