PELEPASAN BIBIT IKAN DAN AKSI MAHASISWA UNTIDAR DALAM MEMPERINGATI HARI BUMI

Magelang (22/4)–Hari Bumi diperingati secara internasional setiap tahunnya pada 22 April. Pertama kali ditetapkan oleh seorang pengajar dibidang disiplin ilmu lingkungan hidup yaitu Gaylord Nelson, pada tahun 1970 yang merupakan Senator Amerika Serikat. Hari Bumi merupakan kampanye untuk mengajak manusia peduli terhadap lingkungan hidup serta meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang dihuninya kini. Saat ini, hari bumi diperingati oleh 175 negara yang telah dikoordinasi oleh jaringan Hari Bumi atau Earth Day Network.

 IMG-20170423-WA0002Gb.1 Penampilan puisi dan orasi Hari Bumi

Hari Bumi juga diperingati oleh mahasiswa Universitas Tidar dengan melaksanakan aksi dan pelepasan bibit ikan. Kegiatan diawali dengan apel dan doa di kampus kemudian dilanjutkan dengan longmarch dari kampus UNTIDAR hingga titik aksi di Alun-alun Kota Magelang. Kegiatan yang dilakukan di titik aksi meliputi penampilan puisi, teatrika, orasi peringatan Hari Bumi, dan pembagian brosur serta stiker tentang Hari Bumi. Pelepasan 500 ekor bibit ikan juga dilakukan dalam peringatan Hari Bumi ini. Pelepasan bibit ikan merupakan bentuk dukungan dari Dinas Perikanan Kota Magelang. Pelepasan dilakukan di Kali Manggis oleh perwakilan setiap Fakultas. Setelah serangkaian kegiatan, longmarch dilakukan dari Alun-alun Kota Magelang kembali ke kampus UNTIDAR. Kegiatan kemudian ditutup dengan apel dan doa.

IMG-20170423-WA0001

Gb.2 Pelepasan bibit ikan di Kali Manggis oleh mahasiswa

Peserta aksi meliputi perwakilan BEM dari seluruh fakultas. BEM Fakultas Pertanian mengirimkan sekitar 25 mahasiswa sebagai perwakilan. Menurut ketua panitia kegiatan, Beni Azwar Suganda Hasibuan (19) yang merupakan mahasiswa semester II Fakultas pertanian, output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah kembali menyadarkan seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan dan kelestarian bumi. Diharapkan kegiatan akan menjadi sebuah titik awal rasa kepedulian masyarakat terhadap bumi (BEM FP/Mrl).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *