Kebun Pendidikan dan Pengembangan Pertanian (KP3) Bandongan Sebagai Tempat Penelitian Mahasiswa dan Dosen

Saat ini Fakultas Pertanian memiliki beberapa kebun percobaan di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang. Kebun percobaan tersebut salah satunya adalah Kebun Pendidikan dan Pengembangan Pertanian (KP3) Bandongan. Kebun seluas 5.8 hektar ini merupakan kebun percobaan milik Fakultas Pertanian Universitas Tidar yang terletak di Dusun Drojogan, Desa Sidorejo, Kecamatan Bandongan Magelang. Saat ini, Kebun KP3 Bandongan digunakan untuk area pendidikan mahasiswa program studi S1 Agroteknologi, S1 Peternakan dan S1 Akuakultur.

Gambar 1 : Tanaman induk buah buahan di Kebun KP3 Bandongan

Lahan tersebut antara lain untuk praktikum budidaya tanaman, perbanyakan vegetatif, percobaan pemupukan, penanaman dengan pengaruh lingkungan dan praktikum tanaman pakan ternak. Kebun KP3 Bandongan juga digunakan untuk riset dan penelitian bagi mahasiswa maupun dosen. Selain itu, kebun KP3 Bandongan juga digunakan sebagai area penamanan pohon induk buah – buahan. Pohon induk tersebut selanjutnya digunakan untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif diantaranya sambung pucuk, sambung mata tunas, okulasi maupun stek.

Gambar 2 : Tanaman Kacang tanah di lahan kebun KP3 Bandongan

Kebun KP3 Bandongan saat ini juga ditanami dengan berbagai tanaman, diantaranya pohon jati, tanaman kacang tanah dan singkong. Alasan utama budidaya singkong karena tanaman ini merupakan salah satu komoditas lokal yang dapat dijadikan kearifan lokal Kabupaten Magelang. Seperti yang telah diketahui bersama singkong merupakan bahan baku pembuatan getuk ysmg merupakan salah satu  makanan khas magelang. Kedepan Fakultas Pertanian akan terus mengembangkan Kebun KP3 Bandongan untuk pendidikan, riset dosen dan mahasiswa serta produksi pertanian, hal itu tentunya untuk mendukung kemajuan pertanian khususnya di Kota dan Kabupaten Magelang. (Ahm, 2020)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *