HIMAGRO UNTIDAR MELAKSANAKAN “BHAKTI TANI MEMBANGUN NEGERI” DALAM PERINGATAN HUT FKK HIMAGRI KTW III JATENG DAN DIY

Magelang – Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Tidar menggelar kegiatan “BHAKTI TANI MEMBANGUN NEGERI”. Kegiatan tersebut untuk memperingati Hari Ulang Tahun Forum Komunikasi dan Kerjasama Himpunan Mahasiswa Agronomi Indonesia (FKK HIMAGRI KTW III) ke 32  di SD N 3 Sekayu, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 3 – 4 Desember 2016, tersebut meliputi penanaman bibit kakao, bibit kelengkeng, tracking, cassava party, seminar dan diskusi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 233 peserta dari berbagai latar belakang, baik Mahasiswa, Petani, Panitia, Anak- anak Sekolah Dasar serta undangan  anggota FKK HIMAGRI Wilayah 3 Jateng dan DIY.

Kepala SD N 3 Sekayu dalam sambutannya mengharapkan agar mahasiswa menjadi contoh untuk siswa-siswinya “Saya berharap anak-anak mempunyai motivasi untuk berkecimpung di dunia pertanian dan menjadikan mahasiswa sebagai contoh untuk mau melanjutkan ke perguruan tinggi”.

Dalam kegiatan tersebut, Panitia mengundang Ir. Rahayu Sarwitri, M.P., beliau merupakan  dosen senior di Fakultas Pertanian UNTIDAR. Ir. Rahayu Sarwitri, M.P. menjadi Narasumber tunggal dalam seminar yang bertema” Pertanian Sejak Dini “. Ir. Rahayu memaparkan pertanian dengan teknologi modern yang dikemas menarik sehingga dapat memotivasi peserta yang mayoritas merupakan siswa SDN 3 Sekayu. Selain materi, juga ditampilkan teknologi pertanian saat ini seperti penyiraman dengan menggunakan helikopter, mesin penyiang padi sawah bermotor, mesin panen strowberry, dll.

IMG_9652-min

Gb. Pemberian materi pertanian modern kepada Siswa SDN 3 Sekayu

Dalam diskusi antara anggota FKK HIMAGRI KTW III, panitia dan kelompok tani setempat membahas tentang pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) dan budidaya tanaman kakao. Sebanyak 70 bibit kakao ditanam di lahan milik kelompok tani Desa Ketundan dan 5 bibit kelengkeng ditanam di SD N 3 Sekayu. Kepala Desa berharap agar Dusun Sekayu, Desa Ketundan di eksplore lagi supaya lebih maju, karena tanahnya subur dan cocok untuk ditanami berbagai macam sayuran. “Desa Ketundan merupakan daerah yang subur, jadi diperlukan eksplorasi agar lebih maju”.

Ketua panitia Amalia Sasanti mengatakan bahwa kegiatan tersebut di luar ekspektasi karena peserta FKK HIMAGRI yang berpartisipasi lebih dari 70 orang, “Ini awal yang baik untuk HIMAGRO UNTIDAR agar bisa lebih eksis lagi khususnya di FKK HIMAGRI wilayah III. Melalui kegiatan ini diharapkan dalam pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat dilaksanakan di Dusun Sekayu, Desa Ketundan yang sesuai dengan Tri Darma perguruan tinggi”.

IMG_0261-min

Gb. Basecamp Panitia dan Peserta

IMG_0366-min

Gb. Akhir acara foto bersama peserta, panitia serta undangan FKK Himagri wilayah 3 Jateng dan DIY

Koordinator wilayah 3 FKK HIMAGRI Yusuf Diansyah mengatakan “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling banyak dihadiri oleh peserta dari FKK HIMAGRI dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Saya sangat salut dengan kerja keras serta kekompakan panitia sehingga kegiatan tersebut berjalan lancar, terima kasih HIMAGRO UNTIDAR, kalian luar biasa”.(Hmj/Ahm/Mln)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *