Fakultas Pertanian Hadirkan Alumni Guna Merespon Pertanian Era Revolusi industri 4.0”

Selasa 26 November 2019 Fakultas Pertanian selenggarakan kegiatan Temu Alumni dengan tema “Merespon pertanian era revolusi industri 4.0”. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 80 peserta mahasiswa Program Studi Agroteknologi. Adapun narasumber kegiatan adalah alumni Program Studi Agroteknologi, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang serta ketua Ikatan Alumni Mahasiswa Fakultas Pertanian. Kegiatan dengan topik “Merespon pertanian era revolusi industri 4.0” sepenuhnya didukung dan dibiayai oleh alumni memiliki tujuan agar mahasiswa yang saat ini dihadapkan dengan tantangan perubahan jaman dapat lebih siap ketika telah lulus kuliah.

Ir. Meiyani salah satu alumni yang lulus tahun 1983 menuturkan bahwa realita peluang bisnis di era digital terjadi sangat cepat yang dikenal dengan era VUCA yaitu Volatile (Mudah menguap), Uncertainty (Tidak Menentu), Complexity (Kompleks), Ambiguity (Banyak kemungkinan). Mahasiswa Fakultas Pertanian diharapkan mampu membuat terobosan dan inovasi dengan memanfaatkan teknologi. Indonesia sebagai negara agraris dengan berhektar-hektar lahan dataran tinggi hingga rendah yang bisa digunakan sebagai lahan pertanian. Pandangan beberapa orang bahwa petani kerap diidentikan dengan orang pedesaan harus diubah, solusinya dengan menemukan hasil pertanian baik dan mengiurkan secara finansial. Indonesia sebagai negara agraris dengan berhektar-hektar lahan dataran tinggi hingga rendah yang bisa digunakan sebagai lahan pertanian.

Kepala Pertanian dan Pangan Kota Magelang Eri Widyo Saptoko mengatakan terobosan pertanian dan pangan adalah pengembangan urban farming, pertanian organik, kampung anggrek, menyelenggarakan even nasional, pendampingan kelembagaan, supporting saprodi dan alsintan, memperkuat fasilitas UPT serta memperkuat kebun bibit Senopati. Sinergitas menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang program tersebut, Universitas Tidar melalui Fakultas Pertanian diharapkan dapat mencetuskan inovasi dan pengembangan di bidan pertanian.

Dalam kegiatan ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan nasarumber mengenai tips sukses dibidang pertanian. Antusias mahasiswa dalam kegiatan ini sangat tinggi terlihat dari tempat yang disediakan tidak mencukupi. Banyak mahasiswa menginginkan kegiatan seperti ini dikemudian hari diselenggarakan kembali, karena cerita kesuksesan alumni dibidang pertanian sangat menginspirasi untuk bekal dikemudian hari. (Gie. Nov 2019)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *