BANK JATENG JALIN KERJASAMA DENGAN FAKULTAS PERTANIAN DALAM SUKSESKAN ACARA JELAJAH BOROBUDUR

Borobudur – Rabu (26/8) Pimpinan Fakultas Pertanian menghadiri pre- event Edukasi Masyarakat Punthuk Setumbu Borobudur Magelang yang diinisiasi oleh Bank Jateng. Acara tersebut merupakan pre – event dari  acara utama yang akan digelar tanggal 30 Agustus 2020. Acara tersebut yaitu JELAJAH BOROBUDUR powered by BANK JATENG. Direncanakan Jelajah Borobudur akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Bp. Ganjar Pranowo dan sejumlah pejabat lainnya.

Foto 1 : Dekan Fakultas Pertanian Ir. Usman Siswanto, M.Sc., Ph.D. dalam sesi wawancara usai acara pre-event edukasi masyarakat punthuk Setumbu Borobudur

Gambar : Tim Desain Akuaponik Fakultas Pertanian Universitas Tidar

Dalam acara ini Bank Jateng bekerjasama dengan Fakultas Pertanian membuat prototype dan  akuapetponik yang diperuntukan untuk pelaku UMKM Punthuk Setumbu Borobudur Magelang. Dengan adanya prototype dan akupetponik tersebut diharapakan dapat menggairahkan geliat ekonomi diarea wisata punthuk setumbu sekaligus dapat menjadi cadangan pangan untuk masyarakat.

Foto : Akuaponik Buatan Fakultas Pertanian dan Bank Jateng di Area Wisata Punthuk Setumbu Borobudur Magelang

Selain Pimpinan Fakultas acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Dosen dan Tenaga Kependidikan Fakultas Pertanian. Muhammad Triaji, S.Pi., M.Kel. dalam materi yang disampaikan kepada masyakarat punthuk setumbu menyatakan bahwa Fakultas Pertanian dan Bank Jateng bekerja sama untuk dapat menanggulangi dampak Covid 19. Penanggulangan tersebut tentunya bukan dari segi kesehatan melainkan dari segi ekonomi melalui ketahanan pangan dalam bentuk akuaponik atau hidroponik. Setelah melakukan rapat internal akhirnya tim menyetujui akan membuat hidroponik dengan model  akuaponik dan akuapetponik, hal tersebut karena dari segi penampilan akuaponik dan akupetponik lebih menarik dan mempunyai nilai seni yang tinggi. Hal tersebut mengingat punthuk setumbu merupakan daerah wisata di area Situs Warisan Budaya Dunia Candi Borobudur. (Ahm, 2020)

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *