Prodi S1 Peternakan & S1 Teknik Mesin Kolaborasi Pembuatan Permen Ternak Herbal Berbasis Mesin Press Pneumatik Peningkat Produktivitas Ternak

Magelang – Tim Dosen dan Mahasiswa Program Studi (S1) Peternakan, Fakultas Pertanian dan Program Studi (S1) Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Tidar melakukan kegiatan penyuluhan dengan tema Inovasi Pembuatan Permen Ternak Dengan Mesin Pres Otomatis Berbasis Pneumatik sebagai Upaya Pemberdayaan Pokdarwis Salink (Sadar Lingkungan) Desa Wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang Di Tengah Pandemi Covid-19. Kegiatan ini dihadiri sekitar 30 peternak dari gabungan kelompok tani ternak Argo Kencono, penyuluh lapang setempat, dan perwakilan Dinas Peternakan Perikanan Kabupaten Magelang. Kegiatan penyuluhan dimulai dengan sosialisasi teknis dan formula dalam membuat permen ternak dengan memanfaatkan bahan pakan lokal baik dari limbah pertanian, perkebunan atau hasil-hasil usaha yang ada di lokasi setempat. Selanjutnya dilakukan praktik bersama peternak secara langsung dalam membuat permen dan langsung diuji coba diaplikasikan pada ternak kambing perah yang ada di sana. Permen Ternak merupakan pakan tambahan (suplemen) untuk ternak ruminansia (sapi, kerbau, domba dan kambing) yang dibuat dari bahan baku sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang diolah sedemikian rupa sehingga berbentuk padat dan keras. Permen ternak merupakan teknologi suplementasi pakan penguat, mineral dan bisa ditambahkan jamu herbal. Produk permen ternak ini bentuknya praktis dan telah terbukti dapat meningkatkan produktifitas dan status kesehatan ternak (Suharti dan Hidayah, 2015).

Gambar 1 : Praktik pembuatan Permen Ternak Herbal Berbasis Mesin Press

Permen ternak merupakan teknologi tepat guna yang mudah, murah dan praktis dalam pembuatan dan penggunaannya. Pembuatannya hanya memerlukan bahan-bahan yang murah dan bisa diinovasikan dengan memanfaatkan potensi lokal untuk dicampur dan dicetak agar didapatkan produk permen ternak yang padat dan keras. Cara pemberiannya mudah dan praktis, permen ternak dikait dengan kaitan khusus kemudian digantung di depan ternak dengan jarak yang terjangkau oleh mulut ternak sehingga ternak akan menjilat permen tersebut. Satu blok permen ternak dapat digunakan untuk jangka waktu 0,5-1 bulan, sehingga peternak tidak perlu repot repot untuk memberikannya setiap hari.

Gambar 2 : Tim melakukan penyuluhan program Kemitraan Masyarakat KEMENRISTEK DIKTI di Desa wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang

Gambar 3 : Foto bersama Tim Pengabdian UNTIDAR dan Kelompok Ternak Desa Ngargoretno

Selain itu kelompok ternak juga dikenalkan alat pres otomatis dalam pembuatan permen ternak yang sedang dikembangkan oleh tim di Universitas Tidar yang diketuai oleh Bapak Ikhwan Taufik, S.Pd. M.Eng. Mesin manual yang selama ini digunakan membutuhkan waktu yang lama dan tenaga fisik yang kuat. Sehingga dikembangkan mesin pres otomatis berbasis pneumatik. Mesin press otomatis yang digunakan untuk membuat permen ternak ini berbasis teknologi pneumatik. Dengan adanya prinsip otomatisasi menggunakan sistem pneumatik di mesin ini, produktivitas dan efektivitas pembuatan permen tersebut diharapkan semakin meningkat. Sementara itu, teknologi pneumatik dipilih untuk diterapkan di mesin press ini dengan pertimbangan keuntungan penggunaan sistem pneumatik jika dibandingkan dengan menggunakan teknologi lain. Kegiatan penyuluhan ini diketuai oleh Ibu Nur Hidayah, S.Pt., M.Si dengan pendanaan hibah Program Kemitraan Masyarakat KEMENRISTEK DIKTI tahun 2021. Pembuatan produk permen dan aplikasinya pada ternak diharapkan dapat dijadikan dalam paket wisata integrated farming dibagian peternakan, sehingga produk yang ditawarkan lebih menarik dan bervariasi serta akan menjadi menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Desa wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. (PJ/NH/Ahm, 2021)