Dorong Penelitian Mahasiswa dan Dosen, Fakultas Pertanian UNTIDAR Kebut Pembangunan dan Pengembangan Kledung Research Park.

Tanggal 25 Januari 2022 bertempat di Kledung Research Park, yang merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Temanggung yang di serahkan pada 12 Agustus 2015 dengan seluas 39.362 meter persegi kegiatan rapat koordinasi Fakultas Pertanian awal tahun 2022 diselenggarakan. Dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan Fakultas Pertanian dosen dan tenaga kependidikan kegiatan ini dilaksanakan. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci keberhasilan Pembangunan Nasional. Mengingat hal tersebut, maka pembangunan SDM diarahkan agar benar-benar mampu dan memiliki etos kerja yang produktif, terampil, kreatif, disiplin dan profesional. Disamping itu juga mampu memanfaatkan, mengembangkan dan menghasilkan ilmu dan teknologi yang inovatif dalam rangka memacu pelaksanaan pembangunan nasional.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, khusus nya program kerja di Fakultas Pertanian dipandang perlu untuk mengadakan Rapat koordinasi  agar dapat tercipta persamaan arah dan langkah untuk mewujudkan 8 Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan). Dekan Fakultas Pertanian Ir. Usman Siswanto, M.Sc., Ph.D. mengatakan “Mari tempat yang sudah diberikan oleh pemerintah daerah, secara bertahap kita benahi dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar, minimal dapat memberikan inspirasi untuk hal-hal yang bersifat konstruktif dan itulah kewajiban kita semua termasuk mahasiswa”.

Kepala laboratorium Fakultas Pertanian Dr. Tri Suwarni Wahyudiningsih S.Si., M.Si dalam paparan rencana pengembangan Kledung Research Park bahwa lahan ini memiliki tantangan yang menarik, diperlukan banyak inspirasi dan upaya mengeksplorasi ide bagaimana tempat yang indah dengan pemandangan yang luar biasa tetapi dipenuhi dengan bebatuan memiliki nilai manfaat yang tinggi. Pada jurusan agroteknologi sedang dilakukan penelitian tentang bibit kentang dengan cara aeroponik yang dilakukan oleh 4 mahasiswa, dan kedepan akan  di kembangkan kentang yang berwarna kulit biru dan hitam.  Selain itu akan dibuat peta wilayah untuk penelitian untuk program studi akuakultur, peternakan dan agroteknologi termasuk untuk tanaman hortikultura, tanaman semusin dan anggrek termasuk penataan tanaman untuk mendukung wisata edupark.

 

 

 

 

 

 

 

Akhir kegiatan ini seluruh peserta meninjau pembangunan lahan Kledung Research Park yang saat ini telah memiliki fasilitas tempat pertemuan, embung, kandang ternak, kolam, dan steam house yang semuanya dapat digunakan untuk penelitian oleh mahasiswa dan dosen.

Nugie.