PROFIL

HIMPUNAN MAHASISWA AGROTEKNOLOGI

UNIVERSITAS TIDAR

(HIMAGRO UNTIDAR)

I. Logo

logo himagro

II. Arti Logo :

  1. Daun mempresentasikan pertanian.
  2. Daun berjumlah tiga melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  3. Buku melambangkan sumber ilmu.
  4. Tulisan HIMAGRO menunjukkan bahwa lambang ini milik Himpunan Mahasiswa Agroteknologi.
  5. Tulisan Universitas Tidar menunjukkan bahwa Himpunan ini berada di Universitas Tidar.
  6. Warna hijau melambangkan Fakultas Pertanian.
  7. Kuning merupakan warna kebesaran Universitas Tidar.

III. VISI

Mewujudkan HIMAGRO UNTIDAR sebagai organisasi yang bersinergi dalam bidang akademik, ahli dalam profesi dan unggul dalam prestasi demi Fakultas Pertanian berkemajuan.

IV. MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan berbasis profesi untuk menunjang pengetahuan dan skill mahasiswa Agroteknologi.
  2. Menjadi media bagi mahasiswa dengan adanya kegiatan rutin profesi dibawah naungan HIMAGRO UNTIDAR.
  3. Menjadi pelopor dalam mencapai prestasi akademik mahasiswa Agroteknologi.
  4. Menjalin kerjasama dengan organisasi kemahasiswaan didalam maupun diluar lingkungan Universitas Tidar.
  5. Menjaga solidaritas antar sesama anggota HIMAGRO UNTIDAR.

V. GAMBARAN UMUM

HIMAGRO atau Himpunan Mahasiswa AgroteknologiUniversitas Tidar merupakan himpunan profesi yang bersifat keahlian bidang budidaya pertanian, kemahasiswaan dan kewirausahaan serta menduduki struktur pada tingkat jurusan atau prodi Agroteknologi dalam fakultas pertanian di Universitas Tidar. Sasaran HIMAGRO meliputi mahasiswaProgram Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tidar.

HIMAGRO Universitas Tidar memiliki relasi dengan FKK HIMAGRI (Forum Komunikasi dan Kerjasama Himpunan Mahasiswa Agronomi Indonesia) wilayah III se-Jateng dan DIY. Di samping itu kami mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan profesi dan program studi, meliputi kegiatan budidaya seperti halnya pelatihan budidaya jamur, sistem tanaman vertikultur, budidaya melon, hidroponik dan lain-lain.

VI. TUGAS DAN PERAN

HIMAGRO UNTIDAR terdiri dari 6 departemen, yaitu Departemen Multimedia dan Informasi, Departemen HUMAS, Departemen PSDM, Departemen Dokumentasi dan Kearsipan, dan Departemen Entrepreneurship, dan Departemen Akademik dan Profesi dimana setiap departemen memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing sebagai berikut :

  1. Departemen Multimedia dan Informasi terbagi menjadi tiga sub bidang, yaitu sub bidang multimedia yang memiliki tupoksi untuk membuat design dan grafis serta membuat video, sub bidang informasi memliki tupoksi untuk mempublikasikan beberapa informasi seperti informasi jadwal rapat, dan jadwal pertemuan lainnya, lalu mengelola media sosial dari HIMAGRO UNTIDAR yaitu Facebook dan Instagram serta mengelola E-mail, serta sub bidang artikel membuat artikel dari setiap kegiatan sesuai dengan program kerja.
  2. Departemen HUMAS (Hubungan Masyarakat) terdiri dari HUMAS Internal dan HUMAS Eksternal. HUMAS Internal memiliki tupoksi untuk menangani material, personalia, dan penyalur informasi ke ormawa Fakultas yaitu BEM dan DPM. Sedangkan HUMAS Eksternal memiliki tupoksi untuk mengelola transportasi setiap kegiatan dan Personalia dari ormawa Universitas lain.
  3. Departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) memiliki tupoksi untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia di internal organisasi seperti melakukan berbagai training organisasi, penguatan jasmani dan rohani dan lain sebagainya serta mengembangkan generasi atau kaderisasi untuk keberlanjutan HIMAGRO UNTIDAR.
  4. Departemen Dokumentasi dan Kearsipan memiliki tupoksi untuk mengelola foto – foto kegiatan dan softfile LPJ serta proposal, mengelola surat masuk dan keluar, dan mengelola LPJ serta  proposal yang berbentuk hardcopy.
  5. Departemen Entrepreneurship memiliki tupoksi untuk mengelola produksi, manajemen, dan pemasaran terkait bidang kewirausahaan HIMAGRO UNTIDAR.
  6. Departemen Akademik dan Profesi memiliki tupoksi dalam bidang akademik untuk menyiapkan sumber daya manusia untuk mengajukan proposal PKM, PHBD, LKTI, Lomba Essay dan lain sebagainya dengan pendampingan, pelatihan dan pembinaan. Serta dalam bidang profesi meliputi kegiatan budidaya, pelatihan, serta pendalaman profesi.

(Himagro, Ahm : 2018)