TRAINING ORGANISASI DAN PROFESI MAHASISWA (TOPMA) HIMPUNAN MAHASISWA AGROTEKNOLOGI UNIVERSITAS TIDAR

Magelang – Sabtu (08/03) Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Tidar mengadakan kegiatan TOPMA (Training Organisasi dan Profesi Mahasiswa). Kegiatan ini dikhususkan untuk pengurus HIMAGRO UNTIDAR angkatan IV periode 2017. Melalui kegiatan TOPMA pengurus HIMAGRO UNTIDAR mendapatkan bekal pengetahuan dalam berorganisasi. Materi yang disampaikan berisi tentang keorganisasian, penetapan tupoksi departemen, analisis permasalahan, dan simulasi sidang.

Materi keorganisasian disampaikan oleh Adhi Surya Perdana, S.P.,M.Sc. yang berisi tentang penjelasan kode etik mengikuti kegiatan acara sebuah organisasi, organisasi kemahasiswaan, kegiatan organisasi, kepemimpinan, demokrasi, dan karya nyata organisasi kemahasiswaan.

IMG-20170419-WA0003Gb 1. Penjelasan Keorganisasian dan Kepemimpinan di Lingkungan Perguruan Tinggi

Penetapan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) departemen, menjelaskan beberapa tugas tiap departemen di HIMAGRO UNTIDAR, sehingga pengurus HIMAGRO UNTIDAR yang tergabung dalam masing-masing departemennya semakin paham akan tugas yang harus dilakukan beserta fungsi di setiap departemennya. Terdapat lima departemen di HIMAGRO UNTIDAR di antaranya departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia), departemen humas, dokumentasi dan kearsipan, dokumentasi, entrepreneurship, serta multimedia dan informasi.

Materi analisis permasalahan berjudul “Konflik, Kepimimpinan, dan Analisis Permasalahan” menjelaskan mengenai pengertian konflik, gejala dan sumber konflik, penyebab terjadinya konflik, tipe – tipe konflik, dampak konflik, manajemen konflik dan analisis suatu permasalahan dalam organisasi. Melalui materi ini pengurus HIMAGRO dituntut agar lebih peka terhadap masalah-masalah yang ada di sekitarnya dan menciptakan solusi atas suatu permasalahan dalam organisasi.

Materi yang terakhir dalam acara Training Organisasi dan Profesi Mahasiswa (TOPMA), yaitu Simulasi Persidangan yang disampaikan oleh Sukadi selaku Ketua Koordinator FKK HIMAGRI Wilayah III Tahun 2017. Persidangan erat kaitannya dalam sebuah organisasi, oleh karena itu sangatlah penting bagi pengurus HIMAGRO UNTIDAR untuk mengetahui tata cara persidangan.

Puncak dari kegiatan TOPMA, yaitu games yang dilaksanakan di halaman Fakultas Pertanian. Sebelum games dilaksanakan terlebih dahulu pengurus dibagi menjadi 4 kelompok. Games dilaksanakan untuk menguji kekompakan dan kerjasama antar tim yang nantinya diharapkan dapat diterapkan dalam organisasi HIMAGRO UNTIDAR.

IMG-20170419-WA0001Gb 2. Games

Menurut Panitia TOPMA (Putri Cahaya Anggraeny), “Kegiatan ini penting diadakan bagi pengurus baru HIMAGRO UNTIDAR 2017, mulai dari materi pertama tentang keorganisasian, kemudian tentang analisis permasalahan yang merupakan bekal untuk menghadapi suatu masalah yang timbul di organisasi. Simulasi sidang sangatlah bermanfaat untuk menambah wawasan dalam persidangan. Dengan adanya acara ini diharapkan para pengurus HIMAGRO lebih mengerti tentang organisasi, tugasnya disetiap departemen dan lebih akrab antara pengurus HIMAGRO di Fakultas Petanian” (HIMAGRO/Mrl).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *