Peringati Pekan Promosi Perpustakaan Mahasiswa Akuakultur Ikuti Lomba Aquascape

Magelang – Mahasiswa Program Studi S1 Akuakultur Universitas Tidar ikut berpastisipasi dalam kegiatan lomba desain aquascape yang diadakan oleh Perpustakaan Universitas Tidar beberapa waktu yang lalu. Lomba tersebut diadakan pada Kamis 6 September 2018 di lantai 2 Perpustakaan Universitas Tidar. Kegiatan tersebut tidak hanya diikuti oleh kalangan mahasiswa Untidar saja namun juga diikuti oleh komutisas pecinta aquascape wilayah Jateng dan DIY. Aquascape merupakan seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan lain sebagainya, sehingga memiliki nilai estetika.   Aquscape selain sebagai nilai estetika juga bermanfaat untuk menyesuaikan habitat ikan karena disitu terdapat integrasi antara ikan, tanaman dan hardscape.

Gambar 1: Proses penyusunan aquascape  pada acara lomba design aquascape oleh peserta pada (4/9) di gedung perpustakaan lantai 2 Universitas Tidar.

Kriteria penilaian dalam lomba tersebut meliputi desain tata letak, keseimbangan penyusunan komponen yang digunakan, warna, serta penataan dan pengaturan tanaman. Kreatifitas artistik yang meliputi imajinasi tata letak dan jenis tanaman yang ditanam serta kondisi kesehatan tanaman. Salah satu aspek yang dinilai pada lomba tersebut meliputi kepadatan tanaman dan pemilihan tanaman. Selain itu, penggunaan hardscape seperti batu, kayu dan lainnya serta dampaknya bagi ikan, tanaman, serta desain tata letak dan susunan hardscape juga menjadi penilaian utama. Kemudian dalam segi Ekologi akuarium, pemilihan ikan yang tepat, ikan yang berkelompok (schooling fish) serta ikan yang muncul dan terlihat nyaman serta alami juga menjadi pertimbangan juri dalam kegiatan ini.

Gambar 2: Panitia dan Para Pemenang Lomba Aquascape Dalam Rangka Pekan Promosi Perpustakaan Universitas Tidar 2018

Lombo desain aquscape ini merupakan awal yang baik bagi mahasiswa akuakultur karena hal tersebut merupakan khas dari perikanan serta diharapkan mampu untuk memacu atau memotivasi mahasiswa agar lebih kreatif lagi. Selain itu, Aquscape juga dapat dijadikan sebagai kegiatan kewirausahaan di bidang perikanan dengan menyediakan jasa pembuatan aqauscape dengan desain yang menarik sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. (BEMFP/Ahm)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *