MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN KUNJUNGI BUMI LANGIT INSTITUTE DAN KEBUN BUAH MANGUNAN DALAM FIELDTRIP 2016

Bantul – Beberapa waktu lalu mahasiswa Fakultas Pertanian melakukan perjalanan dalam rangka belajar di lapangan. Mahasiswa FP yang diwakili oleh angkatan 2013 tersebut berkunjung ke kebun pertanian organik Bumi langit Institute yang beralamat di Imogiri, Bantul, DIY.  Dalam kesempatan tersebut mahasiswa yang didampingi oleh jajaran dosen FP mendapat penjelasan dari pimpinan bumi langit institute berkaitan dengan pertanian organik. Dalam penerapannya perusahaan tersebut menerapkan sistem Permakultur dalam bertani. Permakultur  adalah cabang ilmu desain ekologis, teknik ekologis dan desain lingkungan yang mengembangkan arsitektur berkelanjutan dan sistem pertanian swadaya berdasarkan ekosistem alam. Dalam kunjungannya, mahasiswa tidak hanya melihat dan belajar tentang pertanian organik, tetapi juga belajar tentang beternak sapi yang pakannya diambilkan dari sisa-sisa panen di kebun produksi. Kotoran dan urin sapi ditampung dalam bak besar yang kemudian diproses menjadi biogas, gas tersebut kemudian digunakan untuk kebutuhan memasak di resto maupun rumah tangga. Selanjutnya kotoran yang telah digunakan untuk biogas juga digunakan untuk ternak cacing serta pupuk tanaman. Prinsip pertanian yang diterapkan di Bumi langit adalah bertani dengan pemanfaatan alam sebanyak-banyaknya serta meminimalkan sampah.

IMG_20160719_131050-min

Gb. Kunjungan di Bumi Langit Institute Imogiri, Bantul, DIY.

Pada kesempatan yang sama, mahasiswa FP juga mengunjungi kebun buah mangunan yang terletak tidak jauh dari Bumi Langit Institute. Di kebun buah mangunan, mahasiswa diperkenalkan macam-macam tanaman buah yang dibudidayakan. Kebun buah mangunan selain digunakan sebagai kebun produksi juga dimanfaatkan sebagai Agrowisata. Pemandangan yang indah di kebun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa Fakultas Pertanian.

IMG_20160719_090840-min

Gb. Penyerahan Kenang-kenangan di BPBIAT Muntilan, Magelang.

Pada Fieldtrip mahasiswa FP 2016 tersebut mahasiswa berangkat dari Magelang pukul 07.00 WIB. Dalam perjalanannya, mahasiswa juga berkunjungan ke Balai Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar(BPBIAT) Jawa tengah di Muntilan. (ahm)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *