FAKULTAS PERTANIAN UNTIDAR KEMBANGKAN STROBERI DI DESA BALESARI

Magelang – Budidaya stroberi di Desa Balesari merupakan salah satu pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Fakultas Pertanian Untidar yang terdiri dari Ir. Yulia Eko Susilowati, M.P., Ir. Gembong Haryono, M.P.,  dan Siti Nurul Iftitah, S.P., M.P.  Pengabdian masyarakat  yang berjudul “Pengembangan Tanaman Stroberi di Desa Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang”. dilaksanakan mulai 26 Juli 2016 sampai 30 Oktober 2016. Metode dalam pengabdian kepada masyarakat dengan membuat demplot tanaman stroberi dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat Desa Balesari.

web 2Gambar 1. Demplot stroberi yang dikembangkan di Desa Balesari

Demplot tanaman stroberi dibuat di Dusun Salakan, Desa Balesari dengan menggunakan rak dari bambu yang terdiri tiga tingkat untuk meletakkan tanaman. Tujuan pembuatan rak untuk memudahkan pemeliharaan, menghindarkan adanya patogen yang ada dalam tanah (soil born), pemanfatan lahan sempit serta menambah keindahan. Berdasarkan hasil pengamatan tanaman stroberi yang ditanam dapat tumbuh baik di Desa Balesari, sehingga dapat dikembangkan pada daerah tersebut.

web 3Gambar 2. Kegiatan penyuluhan di Balai Desa Balesari

Penyuluhan dilakukan pada saat tanaman berumur 2 bulan. Penyuluhan tersebut dilaksanakan dengan melibatkan 5 dusun yang ada di desa Balesari, masing-masing dusun mendelegasikan 3 orang peserta. Materi penyuluhan yang disampaikan meliputi pengembangan tanaman stoberi, perbanyakan tanaman stroberi dengan cara menggunakan stolon serta budidaya tanaman stroberi yang meliputi pemilihan media, penanaman, pemeliharaan dan pemanenan. Peserta penyuluhan tampak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini diharapkan stroberi dapat dikembangkan di Desa Balesari dan menjadi daya tarik sekaligus tambahan mata pencaharian bagi warga setempat. (Mrl/Ahm)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *