FAKULTAS PERTANIAN BANGUN KEBUN PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN (KP3) GUNA MENDUKUNG PELAKSANAAN TRIDARMA PERGURUAN TINGGI

Magelang – Fakultas Pertanian Universitas Tidar dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan eksistensinya. Beberapa progam unggulan telah dilaksanakan guna meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Baru-baru ini Fakultas Pertanian meluncurkan program pembangunan Kebun Pendidikan dan Pengembangan Pertanian di lahan Kampus Bandongan yang terletak di Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Hony Kharisma Sejati, S.P. selaku kepala kebun serta pelaksana dalam pengembangan KP3 menuturkan bahwa program ini merupakan program fenomenal Dekan Fakultas Pertanian, diharapkan beberapa tahun ke depan Fakultas Pertanian telah mampu memproduksi bibit tanaman buah yang berkualitas serta mempunyai kebun produksi yang dapat dijadikan ikon Fakultas Pertanian Universitas Tidar.

IMG_20161229_084703-min

       Gb. 1 Tanaman Induk Durian Varitas Sitokong   

IMG_20161229_083514-min

 Gb. 2 Pemeliharaan Rutin  pada tanaman di Kebun KP3

 Pada hakekatnya pendidikan tinggi, khususnya Fakultas Pertanian Universitas Tidar tidak ketinggalan untuk mengembangkan kemampuan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan melaksanakan tridharma: (1) pendidikan dengan cara mengajarkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat; (2) penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni serta memperkaya budaya untuk memperkuat daya saing dan jati diri bangsa, dan (3) pengabdian kepada masyarakat yang dapat membantu untuk berwirausaha dibidang pengembangan bibit buah-buahan.

Visi Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian yang unggul dalam meluluskan sarjana pertanian yang berbasis kewirausahaan.  Misi (1) Menyelenggarakan pendidikan/pengajaran dibidang Agroteknologi yang berwawasan kewirausahaan, (2) Melaksanakan pengkajian dan penelitian dibidang Agroteknologi, (3)Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang pertanian yang berwawasan kewirausahaan, (4) Melaksanakan tata kelola yang efektif dan efisien. Untuk mendukung visi dan misi faperta, diperlukan suatu sarana penunjang pendidikan dan pengembangan pertanian. Fakultas pertanian Universitas Tidar memiliki lahan seluas 5,8 ha yang akan dikembangkan menjadi kebun tanaman induk hortikultura yang dapat memperbanyak bibit yang bersertifikasi dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih. Kebun tersebut menangkarkan berbagai pohon induk tanaman hortikultura, terutama tanaman lokal asli Indonesia. Kebun tanaman induk hortikultura ini akan digunakan sebagai sarana pendidikan, penelitian, pengabdian dan pengembangan wirausaha. Sebagai sarana pendidikan, kebun tanaman induk merupakan sarana untuk memperluas pengetahuan mahasiswa mengenai jenis-jenis tanaman, morfologi dan budidaya tanaman sebagai pendukung materi kuliah. Sebagai sarana penelitian, kebun tanaman induk merupakan tempat mengembangkan teknologi dan inovasi di bidang pertanian. Sebagai sarana pengabdian, kebun tanaman induk mampu memberdayakan masyarakat dalam pengembangan tanaman hortikultura. Sebagai sarana pengembangan wirausaha, kebun tanaman induk membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan tanam dari tanaman induk yang bersertifikasi guna pengembangan wirausaha masyarakat serta wirausaha mahasiswa. Kebun tanaman induk bersertifikat ini diharapkan mampu menjalankan fungsinya sebagai Kebun Pendidikan dan Pengembangan Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tidar. (Hks/Ahm/Mrl)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *