LKMM TINGKAT DASAR BEM-FP DALAM RANGKA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MANAJEMEN ORGANISASI

Magelang – BEM Fakultas Pertanian (BEM-FP) melaksanakan LKMM (Latihan Keterampilam Manajemen Mahasiswa)  dalam rangka meningkatan keterampilan mahasiswa dalam manejemen organisasi (9/10) di ruang Multimedia Universitas Tidar. Latihan Keterampilam Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar merupakan lanjutan dari LKMM pra Dasar yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh HMJ Agroteknologi, kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam menyelenggarakan kegiatan mahasiswa. Sasaran kegiatan adalah seluruh mahasiswa aktif  Fakultas Pertanian Universitas Tidar. Dengan adanya LKMM Dasar, diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan keterampilan dalam manajemen organisasi baik dalam maupun luar kampus.

16

Gb. 1 Pembukaan LKMM, dihadiri oleh Pembina BEM Fakultas Pertanian, Ir. Tujiyanta, M.P.

Kegiatan LKMM dasar diketuai oleh Riska Salma Ardiana mahasiswi Fakultas Pertanian Semester 7, Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi tentang perumusan gagasan awal yang disampaikan oleh BEM-STPP Magelang. Topik yang diambil dalam kegiatan ini adalah analisis kondisi lingkungan serta perumusan gagasan awal dengan metode latihan/penugasan kepada peserta. Agung Kurniawan pemateri dari BEM-STPP Magelang, menuturkan bahwa perumusan gagasan awal merupakan hal yang paling penting sebagai tindakan awal dalam melaksanakan suatu kegiatan.

Selanjutnya dilanjutkan dengan materi tentang penjabaran rencana kerja dan kepanitiaan yang disampaikan oleh Bayu Setiaji pengurus BEM-KM UNTIDAR. Bayu memaparkan enam topik utama dalam berorganisasi, diantaranya latihan tolok ukur serta perencanaan jadwal kerja, dasar-dasar organisasi, latihan dan eksperimen pengorganisasian kegiatan/kepanitiaan, eksperimen tentang unit kerja serta penugasan terhadap penjabaran gagasan awal.

Dalam kegiatan tersebut panitia juga mengundang Wakil Dekan II Fakultas Pertanian Universitas Tidar, Ir. Historiawati, M.P. Pada kesempatan tersebut beliau memaparkan tentang pentingnya administrasi kesekretariatan serta administrasi keuangan dalam berorganisasi. Selain itu Wakil Dekan 2 juga menambahkan tentang batasan-batasan pengeluaran serta hubungan keuangan dengan RAB (Rencana Anggaran belanja). Ir. Historiawati, M.P. juga menjelaskan bahwa semua kegiatan di Fakultas, baik kegiatan BEM serta HMJ merupakan tanggung jawab Fakultas.

Ketua umum BEM KM 2016, Crisnaldo Triguswinri juga mengampaikan materi tentang hakikat motivasi, latihan dalam mengambil keputusan serta eksperimen terhadap pengendalian konflik. Kemudian acara tersebut diakhiri dengan materi pengembangan program kerja yang disampaikan oleh Pengurus BPM-STPP Magelang, Muhammad Riski Kurniawan.

Untitled

Gb. 2 Penyampaian Materi Oleh BPM-STPP MAGELANG

Wahid Fathurrohman salah satu peserta LKMM tingkat Dasar menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa, karena kegiatan ini memberikan banyak pengetahuan tentang bagaimana cara beroorganisasi dengan baik dan memberikan banyak pengalaman tentang tata cara manajemen dalam organisasi.

Untitled 1

Gb. 3 BEM-FP, BEM-STPP MAGELANG serta BPM-STPP MAGELANG

Riska Salma Ardiana selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa dengan adanya kegitan LKMM tingkat dasar ini diharapkan seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian dapat menjadi pribadi yang mandiri serta mampu melaksanakan tugas-tugas organisasi dengan baik dan benar. (Bem, Ahm, Mrl)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *