BAKTI SOSIAL MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN, SEBAGAI SARANA MENDEKATKAN MAHASISWA KEPADA MASYARAKAT

Magelang – Badan Eksekutif Mahasiswa melaksanakan kegiatan bakti sosial Fakultas Pertanian 2016. Tema yang diambil pada kegiatan ini adalah “Memayu Hayuning Bawana” atau melestarikan lingkungan alam. Kegiatan bakti sosial Bem-FP 2016 diadakan di Desa Wonoroto Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Desa Wonoroto merupakan desa yang terletak di lereng gunung sumbing. Desa ini mayoritas berpenduduk dengan mata pencaharian sebagai petani.

Peserta dalam bakti sosial yaitu  mahasiswa semester 1 Fakultas Pertanian Universitas Tidar. Kegiatan tersebut  di awali dengan acara pembukaan yang dilaksanakan pada Jum’at (4/11) , acara pembukaan tersebut diisi dengan laporan dan sambutan oleh panitia.  Selanjutnya acara Bakti Sosial secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Ir. Gembong Haryono, M.P.

Pada malam harinya, panitia mengundang sebuah komunitas untuk memberikan training motivasi kepada peserta. Dalam acara tersebut, peserta ditekankan untuk  selalu memiliki rasa empati dan simpati kepada sesama manusia terutama yang berada di sekitar kita.

Pada hari kedua, peserta mengikuti kegiatan tracking dan sekaligus mengidentifikasi tanaman obat serta tanaman ubi yang berada di lingkungan Desa Wonoroto. Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan tentang Biopestisida yang disampaikan oleh Dosen Fakultas Pertanian Marlina Puspitasari, S.P., M.Sc. Dalam kegiatan penyuluhan , selain diikuti mahasiswa peserta bakti sosial, panitia juga mengundang petani setempat.

28

Gb. 1 Penyuluhan Biopestisida kepada petani Desa Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang

 Selain kegiatan tersebut panitia juga menyiapkan acara Makrab (malam keakraban) dengan mengundang alumni dan mahasiswa semester atas Fakultas Pertanian. Ahmadi, S.P. Alumni sekaligus MC dalam kegiatan tersebut mengenalkan seluruh mahasiswa semester atas serta alumni yang hadir dalam  acara tersebut, selain itu juga diberikan game menarik untuk menambah keakraban. Pada kesempatan yang sama Doni Ardi Wirawan mahasiswa tingkat akhir Fakutas Pertanian juga memberikan motivasi untuk menambah keakraban baik peserta, panitia maupun alumni yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Pada hari ketiga, peserta bakti sosial mengikuti kegiatan pentas seni. Pentas seni tersebut diadakan untuk melihat minat serta bakat mahasiswa Fakultas Pertanian. Selain itu, pentas seni diadakan untuk hiburan bagi warga, karena pada saat yang sama juga dilaksanakan bazar/pasar murah yang diperuntukkan untuk warga Desa Wonoroto.

26

Gb. 2 Pentas seni Mahasiswa

 Pada akhir acara diadakan acara penutupan bakti sosial. Acara tersebut dihadiri oleh pembina BEM Fakultas Pertanian, Ir. Tujiyanta, M.P. serta pejabat desa terkait. (Bem/Ahm/Mrl)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *